BudayaDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHUMANIS

Audensi ke Polda Papua Barat, MRPB Harap Perhatian Khusus OAP Dalam Seleksi Perwira Polri

MANOKWARI, gardapapua.com — Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P. menerima audiensi dari Ketua MRP Papua Barat Judson Ferdinandus Waprak, pada Rabu (31/1/2024) di ruang kerja Kapolda Papua Barat.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda Papua Barat, Johnny Isir sangat mengapresiasi atas kehadiran Ketua dan Sekretaris MRP Provinsi Papua Barat.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Ketua MRP Papua Barat beserta rombongan dan mengucapkan terimakasih kepada MRP Papua barat karena telah hadir di ruang ini untuk melakukan kegiatan audiensi bersama , sangat penting menjalankan silahturahmi agar mempererat tali persaudaraan serta kerja sama” ucap Kapolda.

Pada kesempatan tersebut, bersama Ketua MRPB, Kapolda juga membahas terkait SDM Polri khususnya yang ada di Papua Barat.

“Rekrutmen Polri, melalui suatu kajian sesuai dengan kriteria kami , komposisi antara belanja pegawai dengan belanja modal dan operasional, sehingga saat ini masih ditahan berkaitan proses rekrutmen,”Ucap Kapolda

“Dukungan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten untuk membentuk pemusatan latihan (modal untuk menyiapkan) baik itu pelatihan fisik, psikologi dan akademik untuk anak-anak Papua yang ingin menjadi TNI/Polri. Sehingga saat ada rekrutmen reguler, anak-anak Papua bisa siap menghadapi tes tersebut,”Tambah Kapolda.

Hal ini tentu berkaitan dengan bimbingan pembangunan dan pemberdayaan untuk wilayah Papua dan Papua Barat.

“Terkait pembimbingan, pembangunan dan pemberdayaan untuk Papua, Papua Barat ada beberapa tantangan, tantangan berkaitan bagaimana sisi manajerial, bentu mengadopsi teknologi di bidang usaha, akses modal untuk membuat usaha maki bertumbuh dan berkembang akses pasar, produknya ada bagaimana produk tersebut bisa masuk kedalam pasar,”Jelas Kapolda.

Senada dengan hal tersebut, Ketua MRP Papua Barat Judson Ferdinandus Waprak, mengapresiasi kepada Bapak Kapolda karena disambut dengan baik di Polda Papua Barat, serta siap mendukung dan mensuport terkait pelaksanaan tugas dan untuk menjalin kebersamaan serta sinergitas untuk menjaga keamanan di Tanah Papua, secara khusus di wilayah Provinsi Papua Barat.

Ketua MRP Papua Barat berharap terkait penerimaan polri adanya juga penerimaan Perwira (SIP), seperti Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Pol diharapkan memperhatikan anak – anak Orang Asli Papua (OAP).

“Terkait dengan penerimaan Polri, saya mengharapkan adanya juga penerimaan Perwira (SIP) dari orang asli Papua, sehingga dapat di perjuangkan karir mereka di Kepolisian, yakni dengan mendorong agar mendapatkan rekomendasi dari Polda dan berharap dari Polda tidak hanya memberikan perhatian yang biasa saja, tetapi ikut serta dalam hal ini,”Ucap Judson.

“Selaku pelayan bagi masyarakat Papua di Provinsi Papua Barat ini mengharapkan keadilan bagi anak-anak bukan asli Papua namun merupakan penduduk yang telah lahir dan besar disini sehingga tidak terjadi persepsi atau perkataan tidak adil, yakni dengan mendorong agar mendapatkan anggaran untuk bisa mendidik dan membuka pelatihan untuk mereka sehingga keterampilan mereka bisa lebih maju lagi,”Tambah Judson.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dir Binmas Polda Papua Barat Kombes Pol Bagijo Hadi Kurnijanto S.I.K, Dirintelkam Polda Papua Barat Kombes Pol Agustinus Ary Purwanto,SIK, M.H. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *