DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratLingkungan dan HAMNasionalUncategorized

Kumham Papua Barat Gelar Upacara Peringatan HBI ke -74, Jajaran Imigrasi ditegaskan Hal ini

MANOKWARI, gardapapua.com — Kantor Imigrasi Manokwari bersama kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kumham) Papua Barat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-74 Tahun 2024.

Upacara yang dilaksanakan pada Jumat (26//2024), dilaksanakan bertempat di Lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat, Taufiqurrakhman berperan sebagai Inspektur Upacara dalam upacara yang diikuti oleh para Pimpinan Tinggi Pratama, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis, Pejabat Struktural dan pengawas, serta ASN di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat se-Manokwari.

Tahun ini Peringatan HBI ke-74 mengusung tema “ Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi”, tema ini ingin menegaskan kembali semangat Keimigrasian dalam melakukan pelayanan berbasis digital.

Saat membacakan Sambutan Menteri Hukum dan HAM (Yasonna H. Laoly), Kakanwil Taufiqurrakhman mengatakan bahwa pada perayaan Hari Jadi Imigrasi yang ke-74 ini telah menandakan imigrasi mampu melewati berbagai zaman dan tantangan sehingga mampu menjadi salah penjaga kedaulatan negara.

“Hari ini merupakan momentum istimewa karena kita merayakan pencapaian, dedikasi, dan komitmen yang telah membentuk perjalanan panjang Direktorat Jenderal Imigrasi dalam mengawal dan mengisi pembangunan Indonesia,”Ujar Kakanwil Taufiqurrakhman.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly sangat mengapresiasi capaian Dirjen Imigrasi terutama dalam peningkatan layanan, penyederhanaan layanan dan pengembangan teknologi serta peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2023 yang mencapai 320%.

“Capaian realisasi PNBP hingga 31 Desember 2023 adalah Rp. 7,6 Triliun Rupiah, hal ini merupakan pencapaian terbesar dalam Sejarah Direktorat Jenderal Imigrasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi telah berkontribusi dalam percepatan perekonomian nasional,”Kata Yasonna dalam sambutan tertulisnya.

Lebih lanjut, Imigrasi juga turut berperan penting dalam upaya mengakselerasikan percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui produk kebijakan Golden Visa.

“Kebijakan Golden Visa diharapkan dapat menarik lebih benyak investasi asing masuk ke Indonesia,”Harap Yasonna H Laoly.

“Disamping Golden Visa, kedepan akan dirumuskan turunan kebijakan izin tinggal keimigrasian seperti kemudahan proses alih status dalam ranka menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mengairahkan bagi investor asing,” Tambahnya.

Di hari jadi Imigrasi yang ke-74 tersebut, Yasonna H. Laoly berpesan kepada seluruh jajaran Keimigrasian di seluruh Indonesia sebagai bagian dari pemerintah yang bekerja untuk melaksanakan kebijakan demi kepentingan publik.

“Perlu diingat bahwah kita semua merupakan bagian dari Pemerintah yang bekerja untuk melaksanakan kebijakan demi kepentingan publik, melayani Rakyat Indonesia, sekaligus perekat dan pemersatu bangsa,”Tandasnya.

Seusai pelaksaan upacara HBI ke-74 ini, dilakukan pula penyerahan sertifikat Hak Cipta Maskot Kantor Imigrasi Kelas I Manokwari yaitu SIMAMBRUK oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat, Taufiqurrakhman kepada Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari, Iman Teguh Adianto. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *