DaerahGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsNasionalPolitikSudut Pandang

‘Bro Kaesang’ Kini Sebagai Ketum PSI, Ini Tanggapan Ketua DPW PSI Papua Barat

JAKARTA, gardapapua.com — Setelah resmi bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), pada Sabtu (23/09/2023), Kaesang Pangarep sosok pemuda kelahiran Solo, 25 Desember 1994, putra bungsu dari Joko Widodo, akhirnya ditetapkan sebagai ketua umum PSI menggantikan Ketua Umum PSI Giring Ganesha.

Kaesang ditetapkan sebagai Ketua Umum, saat PSI menggelar Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) bertempat di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, pada senin (25/9/2023), malam. Dalam acara ini PSI mengumumkan Kaesang Pangarep sebagai Ketum PSI yang baru, setelah sebelumnya mendapatkan arus dukungan yang begitu deras dari Jajaran pengurus di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, se-Wilayah Indonesia.

Terkait itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Papua Barat, Purwanto, saat dimintai tanggapannya oleh media ini, senin (25/9/2023), malam angkat bicara.

Purwanto, selaku sosok humanis dipucuk kepimpinan PSI Wilayah Papua Barat mengatakan, bahwa figur Bro Kaesang Pangarep pasca resmi bergabung sebagai Anggota Partai PSI dinilai sebagai hal yang wajar saja dalam demokrasi indonesia.

Terlebih saat Kaesang menyebut, bahwa ia memiliki kesamaan visi dan misi dengan PSI, yang terkenal sebagai partainya anak muda, menggambarkan partisipasi Politik di indonesia yang dinilai telah mampu meningkatkan peran pemilih pemula dan keterlibatan anak muda menuju Pemilu Serentak 2024, yang lebih proposional.

Adapun sesuai catatan dari KPU RI, menyebutkan bahwa pada Pemilu 2024 penduduk dengan usia sudah bisa memberikan suaranya diperkirakan akan mencapai lebih dari 110 juta orang atau sekitar 55% – 60%, dengan rentang umur dari 20 – 44 tahun (Gen Z – Millenial).

“Ini berarti sebenarnya peran Pemuda atau generasi milenial dan generasi Z, sebagai pemangku kepentingan sesungguhnya memiliki peran besar dalam menentukan langkah – langkah politik bangsa. Oleh karena itu, memilih pemimpin yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan mereka menjadi suatu hal yang penting. Jadi saya sebagai Ketua DPW PSI Papua Barat, menilai dengan bergabungnya Bro Kaesang di PSI adalah sebuah simbol pergerakan dan penyegaran demokrasi yang benar – benar berpihak pada orang muda, termasuk membuka peluang pada politikus-politikus muda untuk memiliki panggung, atau kendaraan politik sesuai dengan harapannya,”Ujar Purwanto.

Menurut Purwanto, anak muda itu penting untuk melek Politik. Sebab anak muda jika punya pikiran terbuka dan melek politik, diharapkan mampu menyebarkan dan menjaga nilai-nilai toleransi atas persaingan politik, yang mampu digunakan sebagai sarana integrasi bangsa.

Generasi milenial memiliki karakter melek teknologi, diharapkan dapat menjadi aktor dalam memfilter berita hoaks maupun ujaran kebencian kepada masyarakat. Selain itu generasi milenial mampu mendapatkan dan mengolah sumber informasi dengan cepat dan akurat, mampu memberikan kritik objektif kepada pemerintah.

“Dan ini saya lihat ada pada sosok bro kaesang. Dia adalah anak muda yang melek teknologi terbukti dengan profesinya kini sebagai salah satu youtuber yang kerap menampilkan diskusi – diskusi tipe ‘Tepi Jurang’. Juga sebagai sosok pengusaha muda, jiwa petarung bro kaesang saya nilai sangat luar biasa, kedepan bisa membawa perubahan dalam kancah perpolitikan indonesia bersama PSI,”Tukasnya.

Sembari menambahkan, bahwa sebagaimana komitmen Bro Kaesang pasca menerima mandat sebagai ketua umum mengatakan, bahwasannya jika Politik yang dilakukan secara benar oleh orang yang tepat, akan menjadi sumber kebaikan dan kesejahteraan, maka diharapkan dalam kepimpinan Bro Kaesang, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dapat mampu meningkatkan idealisme dan integritas yang kokoh dan konsisten dalam perjuangan anak muda, membangun Indonesia.

“Kami PSI se-Wilayah Papua Barat, siap mendukung langkah dan kerja – kerja politik Bro Kaesang bersama PSI. Salam Solidaritas,”Tegas Purwanto. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *