DaerahGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsHUMANIS

Diinisiasi Paulus Waterpauw, Rakerda Gubernur se-Tanah Papua Berlangsung Baik dan Hasilkan 7 Kesepakatan Strategis

MANOKWARI, gardapapua.com — Asosiasi Gubernur se-Tanah Papua sukses melaksanakan Rakerda pertama di Hotel Horison Diana, Kota Timika, Papua Tengah, pada hari Rabu (20/9/2023).

Pj. Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menjelaskan, kehadiran asosiasi tersebut, dibentuk pada Maret 2023 bersama Wakil Menteri Dalam Negeri Jhon Wempi Wetipo. Seiring perjalanannya, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw.M,Si yang juga selaku Ketua Asiosiasi Kepala Daerah Se-Tanah Papua menginisiasi untuk melakukan rapat kerja daerah (Rakerda) Gubernur Se-Tanah Papua bisa dilaksanakan segera.

Hadir dalam Rakerda perdana ini, Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dan Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo. Sedangkan untuk Gubernur Papua, Gubernur Papua Barat Daya, Gubernur Papua Tengah dan Papua Selatan diwakili para asisten.

Tema Rakerda : ‘Meningkatkan sinergitas peran pemerintah daerah dalam melaksanakan program – program strategis nasional di daerah demi kemakmuran Masyarakat di Tanah Papua’, Rapat Kerja Asosiasi Gubernur se-Tanah Papua juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pikiran terkait pelaksanaan kebijakan-kebijakan Strategis Nasional lainnya.

Beberapa diantaranya adalah dalam rangka mensinergikan kebijakan dan program-program Nasional di Daerah terkait penanganan angka stunting dan kemiskinan ekstrem di Tanah Papua.

Juga terkait sinergitas dan peran serta pemerintah dalam, pengendalian Inflasi di Tanah Papua, dan gerakan optimalisasi, peran serta Pemerintah Daerah dalam pengelolaan dan pemanfaatan Dana Otsus, demi kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua. Serta berkaitan tentang kesiapan provinsi se-Tanah Papua, dalam rangka Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024, mendatang haruslah dapat terlaksana dengan baik dan aman.

Ada 7 kesepakatan strategis yang telah dirumuskan dalam Rapat Kerja Daerah Ke-I Asosiasi Gubernur se-Tanah Papua tersebut. Diantaranya :

1). Badan Hukum Asosiasi Gubernur Se-Tanah Papua segera dibentuk sebelum akhir Tahun 2023;

2). Asosiasi Gubernur se-Tanah Papua merekomendasikan peran BP3OKP dalam menjembatani, mengoordinasikan, kepentingan daerah dengan Kementerian/Lembaga – Lembaga, memperhatikan aspirasi dari Bupati dan Walikota melalui Gubernur se-Tanah Papua;

3). Asosiasi Gubernur se-Tanah Papua sepakat untuk melaksanakan dan menyukseskan pemilu legislatif, Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024 dengan tertib dan damai;

4). Asosiasi Gubernur se-Tanah Papua sepakat mendukung kebijakan dan Program-Program Nasional di daerah terkait percepatan penurunan kemiskinan ekstreme, penurunan stunting, pengangguran dan pengendalian inflasi di daerah masing-masing;

5) Melanjutkan Sosialisasi Kewenangan Otonomi Khusus di Bidang Kesehatan, Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Infrastruktur guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua.

6). Asosiasi Gubernur se-Tanah Papua sepakat untuk menyelesaikan Pengalihan Personil, Peralatan, Pembiayaan dan Dokumen (P3D) sesuai ketentuan yang berlaku;

7). Dalam rangka penguatan Ketahanan Pangan, perlu melakukan kerjasama antar daerah untuk menetapkan dan mendistribusikan komoditi unggulan daerah masing-masing.

[TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *