DaerahGarda KaimanaHeadline newsHukum dan KriminalPeristiwa

4 Unit Mobil Tangki Air, Dikerahkan Padamkan Kobaran Api di Rumah Milik Anggota Polres Kaimana

KAIMANA, gardapapua.com — Empat (4) unit mobil tangki air, dua diantaranya milik warga dan dua lainnya yang merupakan mobil penyuplai air ke mobil pemadam kebakaran, berhasil memadamkam sumber api di salah satu unit rumah yang terletak di jalan cendana, kampung trikora kaimana, pada rabu (3/5/2023).

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. namun kebakaran yang terjadi sekitar pukul 20.25 wit, Kerugian ditaksir hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Adapun rumah itu diketahui adalah milik anggota Polres Kaimana, Iptu Mohammad Zaenal Tarmono, SE, MM, yang ditinggal sang pemilik rumah dan sedang berada di Makassar.

Pantauan wartawan, kobaran api bermula dari bagian tengah rumah. Saat kebakaran, tak ada penghuni rumah. Suami istri tersebut diketahui sedang berada di Makassar. Sementara, salah seorang penjaga, saat kebakaran juga sedang tak berada di lokasi, karena sedang keluar rumah untuk melakukan proses pentransferan uang.

Menurut salah seorang saksi mata di lokasi kejadian menyebutkan, sebelum kebakaran diawali dengan bunyi ledakan dan listrik dalam rumah tersebut padam. Namun dirinya tak terusik, karena tak melihat tanda-tanda. Namun, sekitar 30 menit kemudian, barulah muncul kobaran api dari dalam rumah.

Beberapa warga yang berada di sekitar lokasi kejadian, langsung mendatangi TKP, namun tak bisa berbuat apa-apa, karena api mulai menjalar ke bumbungan rumah. Mereka hanya berupaya menyelamatkan dua unit mobil dengan cara memecahkan kaca mobil. Beberapa perabot sebagian kecilnya saja yang bisa diselamatkan warga, setelah mendobrak pintu dapur.

Sementara hiruk pikuk warga terus berdatangan ke lokasi kebakaran. Api terus menjalar hingga ke bumbungan dan menghanguskan seluruh bagian atap rumah.

Satu unit mobil pemadam kebakaran baru tiba di lokasi kejadian, 25 menit setelah api sudah menghanguskan seluruh bumbungan atap rumah.

Meski berusaha keras untuk memadamkan api selama 25 menit lamanya, api juga belum berhasil dijinakkan, akibat kehabisan air. Mobil pemadam kebakaran pun akhirnya meninggalkan lokasi untuk mengangkut air.

Alhasil dari 4 unit mobil tangki air dan upaya keras yang dilakukan oleh warga dan anggota Polres Kaimana yang terjun ke lokasi kejadian, bisa memadamkan api secara manual dengan selang dari mobil tangki.

Satu jam kemudian, barulah api berhasil dipadamkan. Meski demikian, seluruh harta benda dalam rumah sudah ludes terbakar.

Kapolres Kaimana melalui Kasat Reskrim, Iptu Seno Hartono Hadinoto, SIK yang berhasil dikonfirmasi di lokasi kejadian mengatakan, pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab terjadinya kebakaran.

“Olah TKP baru bisa dilaksanakan besok. Saat ini kita masih mengumpulkan barang bukti dan meminta keterangan dari sejumlah saksi mata atas kejadian ini,”Ujarnya.

Dia pun mengaku, jika hingga saat ini pihaknya pun belum menaksirkan berapa kerugian akibat kebakaran tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, dua mobil pemadam kebakaran dan 4 unit mobil tangki, masih berupaya memadamkan sisa-sisa api di lokasi kebakaran, untuk lebih memastikan agar api sudah benar-benar padam. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *