Aspirasi RakyatDaerahGarda KaimanaGarda Papua BaratParlementariaPolitik

Begini Strategi Anggota DPRD Papua Barat Ini Laksanakan Reses di Kaimana

KAIMANA, gardapapua.com – Reses merupakan bagian tugas kedewanan anggota DPRD RI,DPRD Provinsi, Kota dan DPRD Kabupaten yang secara rutin dilakukan, yang ditetapkan berdasarakan regulasi yang ada yakni untuk setahun sebanyak 3 kali.

Dalam reses dimaksud untuk menjaring dan menyerap aspirasi masyarakat harus disesuaikan dengan jadwal dan anggaran pendapatan belanja daerah yang telah disetujui dan di tetapkan.

Ketua Komisi dua DPRD Provinsi Papua Barat, Ortisan F Sagrim.ST dalam keterangannya usai melaksanakan pertemuan dan menerima aspirasi serta menjelaskan alur bantuan hiba social kemasyarakatan yang di anggarakan oleh pemerintah didepan warga dua jemaat, membenarkan kegiatan yang telah dilaksanakan pada Minggu (16/4/2023) adalah bagian dari reses pertama anggota DPRD provinsi Papua Barat Tahun anggaran 2023.

“Ini merupakan agenda rutin dewan dalam hal ini DPRD provinsi/ DPRD kabupayten kota, yang tidak bisa dirubah, sehingga setahun itu di provinsi ada tiga kali reses. Reses pertama Itu baru berlangsung bulan April kenapa baru dapat dilaksanakan?, disesuaikan dengan dokumen anggaran yang barfu terbagikan, dan realisasi agak terlambat sehingga teman teman baru mendapatkan jadwal untuk melaksanakan reses. Dan Apa saja kegiatan reses itu, pertemuan yang dilakukan anggota DPRD dengan para tokoh dan masyarakat juga dengan instansi terkait, Lembaga keagamaan dan juga LSM untuk mengkaji program program kemasyarakatan yang diperlukan,”Paparnya

Adapun hari ini focus yang di lakukan dirinya terkait reses di kaimana adalah bertujuan  melihat program sosial keagamaan, sehingga beberapa hal yang dijelaskan dalam pertemuan tersebut.

“Ini bertujuan agar bagimana untuk teman -teman di gereja nantinya bisa mendapatkan bantuan sosial dalam bentuk hiba melalui pekerjaan pekerjaan pembanggunan gereja,Rumah hamba Tuhan, artinya yang berhubungan dengan sarana dan prasarana rumah peribadatan dilingkungan gereja,” Terangnya.

Dengan keterbatasan waktu, yang ditentukan yakni delapoan hari, lanjut ditambahkan belum dapat mengunjungi jemaat gereja yang, namun dengan tiga kali reses agenda tugas kedewanan, dirinya sangat anggota DPRD keterwakilan Kaimana dapat berharap dapat mengcover usualan dari jemaat yang lain.

“Semua ini, tadi saya katakan, ada reses 1,2,3, kemudian ada lagi agenda kedewanan seperti ada kunjungan kerja anggota dewan, komisi dan kunker komisi gabungan, semua dalam rangka menjaring aspirasi, akan ditampung disesuaikan mengikuti siklus apbd provinsi dan tentunya dibahas dengan mengikuti aturan dalam pembahasan APBD,”Tutupnya. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *