Aspirasi RakyatDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratGarda Teluk BintuniHeadline newsRegionalSudut Pandang

Bawa Aspirasi di BPPW Papua Barat, Kepala Distrik Kamundan Minta Hal Ini

MANOKWARI, gardapapua.com — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Papua Barat, diminta untuk membidik daerah Distrik Kamundan, Kabupaten Teluk Bintuni, sebagai salah satu lokasi pelaksanaan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Demikian diharapkan Kepala Distrik Kamundan, Kabupaten Teluk Bintuni, Muharam Braweri, S.Sos, saat diwawancarai, pada senin (6/2/2023), kemarin, disela dirinya melakukan kunjungan ke Kantor Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat.

Ini diharapkannya, karena Program Kota Tanpa Kumuh (KotaKu) yang berada dalam pengawasan kementerian PUPR melalui BPPW Papua Barat dinilai tepat untuk dapat membantu pihaknya meningkatkan kualitas pemukiman kumuh atau kurang layak, demikian pun dengan kondisi air bersih demi kesejahteraan masyarakat.

Dia menceritakan bagaimana sulitnya masyarakat setempat mencari air untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, yang sebagian besar mengandalkan air hujan untuk keperluan konsumsi memasak dan minum.

” Kami dari Distrik Kamundan ada beberapa hal yang kami harapkan bisa mendapatkan perhatian. Diantaranya, adalah pembangunan sumber air bersih. Karena selama ini masyarakat hanya berpatokan kepada air hujan untuk konsumsi. Dan kalau datang musim panas atau kemarau mereka gunakan air sungai kemudian di endapkan untuk pakai konsumsi minum sehingga ini sangat prihatin,”Ungkap Kepala Distrik Kamundan, Muharam Braweri, S.Sos.

Dimana kalau aspirasi tersebut terjawab, diharapkan pula dapat dibangun di Kampung Kenara. Hal ini mengingat kesiapan lahan dan harapan masyarakat, agar pemerataan sumber air bersih bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat di Distrik Kamundan.

” Total KK ada 298 Kepala Keluarga (KK) terdiri dari 1. 244 jiwa, yang menyebar di 5 kampung. Jadi didistrik kamundan ada empat kampung induk, dan satu kampung persiapan atau pemekaran. Harapan kami semua masyarakat di distrik ini dapat menikmati sumber air bersih,”Ujarnya

Selain Air Bersih, Masyarakat setempat juga membutuhkan perhatian pembangunan MCK dan Rumah Layak huni bagi Masyarakat.

“Kami juga harapkan bantuan untuk membangun rumah layak huni bagi Masyarakat. Permintaan kami berdasarkan kajian dan aspirasi ini ada 15 Unit rumah,”Bebernya

Dia juga meminta dukungan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, terkait hal -hal dukungan administrasi jikalau dimintai pihak BPPW Papua Barat, agar dapat masuk dalam perencanaan dalam menindaklanjuti aspirasi Masyarakat akan harapan mendapatkan pelayanan dasar yang memadai terkait Air Bersih, Rumah Layak Huni, dan MCK.

Disebutkan pula, bahwa pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat di Distrik Kamundan, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat adalah kebutuhan paling mendasar yang seharusnya sudah dapat dirasakan merata lapisan Masyarakat. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *