2.111 Pemuda/i Papua Barat Terpilih Jadi Bintara Polri, Ini Pesan Kapolda

MANOKWARI, gardapapua.com — Sejumlah 2.002 Pemuda dan 109 Pemudi Papua Barat Lulus Terpilih Menjadi Bintara Polri di Papua Barat.

Itu berdasarkan sidang terbuka kelulusan Bintara Polri dan Tamtama T.A. 2021. Sidang dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK., M.Si, bertempat di Aula Arfak Convention Polda Papua Barat, Kamis (22/7).

Dalam arahannya Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK., M.Si, memberikan motivasi kepada peserta sidang, agar tetap menjaga kehormatan dan tetap optimis dalam meraih cita – cita.

“Pastikan apa yang kalian capai ini kalian jaga ini adalah cita-cita kalian, lancar pendidikannya, tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan,”Ucap Irjen Pol. Tornagogo Sihombing.

Terpisah, Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK., M.Si, ketika diwawancari juga berpesan agar dalam meraih impian apapun tetaplah berusaha dan jangan tergantung dengan orang lain, namun buatlah prestasi menjadi yang terbaik dari yang baik.

“Saya pesan jangan tergantung dengan Orang lain, tapi tergantung dari diri sendiri. ini adalah perjalanan yang melelahkan dari sejak rekrutmen untuk mulai diseleksi sejak tingkat daerah dalam hal ini tingkat Polres dari bulan januari sampai dibulan maret dan april hingga kemudian dilimpahkan ke polda untul di tes sebanyak 3000 sekian dan berhasil kita mencetak mereka yang lulus berdasarkan hasil seleksi yang ada dengan berbagai macam item, ini semua hampir 2000an. Pesan saya bagi mereka yang belum lulus agar tetap semangat berlatih dan mempersiapkan diri, tekadkan keyakinan, dan dikesempatan lainnya bisa diterima menjadi anggota polri,”Pesan Kapolda

Kapolda juga mengapresiasi atas penambahan dari Mabes Polri, dan kemudian harapannya mereka (Bintara,red) yang telah dinyatakan lulus kelak bisa menjadi abdi negara yang sungguh – sungguh dapat melayani sepenuh hati kepada nusa dan bangsa.

“Afirmasi otsus 1.500 orang, dan ada penambahan dari jumlah reguler. Secara kuantitas kita harus tambah karena jumlah anggota kita masih sangat kurang. Sehingga kita harus mencetak secara masif masih diangka 10.500 orang. Kedepan kami akan berusaha untuk secara transparansi mungkin untuk setiap kesempatan dan tahapan dapat terus memilih yang terbaik dari yang baik,”Papar Kapolda.

Dia lalu mengungkapkan, bahwa benar adanya peminat untuk kategori menjadi Polisi Wanita (Polwan) cukup tinggi. Namun demikian, untuk Kuota dari Bintara Afirmasi Otsus hanya kurang lebih 109 orang.

“Karena memang tidak seperti Polisi laki – laki. Sebab tempat pendidikan hanya satu di daerah Ciputat, sehingga dibatasi. Namun demikian kita patut akui, kali ini atas upaya semua pihak Polwan untuk Kuota Papua Barat cukup banyak diberikan,”Bebernya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi, S.Ik MH mengatakan untuk kuota lulus pendidikan pembentukan Bintara total sebanyak 2.111. itu dengan rincian yakni Eks catar panda 2 orang pria, rekrutmen proaktif 3 orang pria, bintara brimob 35 orang pria, bintara polisi tugas umum (PTU) 505 pria dan 6 wanita, kuota hibah sebanyak 1400 pria dan 100 wanita, bakomsus perawat 3 pria, bakomsus bidan 3 wanita, serta bakomsus TI sebanyak 54 orang.

Sembari menambahkan bahwa untuk lokasi pendidikan akan disebar di setiap SPN -SPN di Indonesia.

“Nanti para casis akan menempuh pendidikan di SPN Polda Sumbar 100 orang, SPN Polda Riau 100 orang, SPN Polda Bengkulu 147 orang, SPN Polda Jabar 289 orang, SPN Polda Banten 148, SPN Polda Jateng 370 orang, SPN Polda Kalbar 111 orang, SPN Polda Malut 35 orang, SPN Polda Papua 602, Pusdik Sabhara 50 orang, Pusdik Binmas, 25 orang Pusdik Polair 25 dan Sepolwan 109 orang,”Tambah Kabid Humas.

Sementara untuk Tamtama Polri sendiri lulus sebanyak 36 orang dengan Brimob 31 orang tempat Diktuk di Pusdik Brimob, Tamtama Polair 5 orang tempat Diktuk di Pusdik Polair.

Kabid Humas juga mengimbau kepada adik-adik yang belum berhasil agar tetap semangat.

” Tetap semangat buat adik -adik yang belum berhasil tahun ini, Bapak Kapolda menyampaikan tahun depan bisa mencoba lagi. Bapak Kapolda juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur, MRP Papua Barat, DPR Papua Papua Barat, DPRD OTSUS, DAP, pengawas Ombudsman RI, dan segenap Lembaga Serta panitia yang telah berjuang dari bulan Januari hingga sidang akhir yang diselenggarakan hari ini,”Ucap Kabid Humas. [Ian/Rls/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *