Sebuah Penghargaan Di Usia ke – 62 Tahun, Gubernur Papua Barat Resmikan Umega Kalawai Mart

MANOKWARI, gardapapua.com — Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si, kamis (16/12), sore, berkesempatan meresmikan salah satu pusat pembelanjaan di Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat.

Pusat pembelanjaan dengan nama Umega Kalawai Mart ini terletak di Jl. Drs. Esau Esa, Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan.

Bagai sebuah penghargaan kepadanya, Peresmian Umega Kalawai Mart diresmikan bertepatan diusia Gubernur Dominggus Mandacan yang ke -62 tahun. Prosesi peresmiannya ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan didampingi oleh Pemilik (Owner,red) H. Rustam, dan H. Nurjaya selaku ketua KKSS, dan disaksikan seluruh tamu undangan dan perwakilan Forkopimda yang hadir.

Pada kesempatan itu, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si memberikan apresiasi kepada Pimpinan Umega Kalawai Mart beserta seluruh jajaran manajemen yang ikut berperan dalam meningkatkan perekonomian di Kota Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat melalui beroperasinya Umega Kalawai Mart, sebagai salah satu pusat perbelanjaan di bagian selatan, Manokwari.

Selain sebagai pusat penyediaan berbagai kebutuhan pokok masyarakat, kehadiran Umega Kalawai Mart Swalayan diyakini dapat menumbuhkan geliat perekonomian di tengah pandemic covid 19.

“Kalawai semua kita tahu to adalah jenis alat berburu bisa digunakan dilaut, dan juga di darat. Kalau di laut yah untuk berburu ikan, dan beberapa jenis hewan laut lainnya, dan di hutan yah berburu hewan di hutan, contoh kus-kus misalnya. Dengan demikian hadirnya Kalawai Mart ini kiranya dapat membantu program pemerintah untuk menyiapkan kebutuhan – kebutuhan baik sandang maupun pangan khususnya kebutuhan 9 bahan pokok. Dan tak dipungkiri dengan perkembangan kota yang mengarah kewilayah selatan mengikuti ritme tatanan perkantoran yang ada, maka ini sebuah kesempatan baik,”Tutur Gubernur dalam sambutannya

Selain itu sangat diapresiasi, kehadiran Umega Kalawai Mart dapat membuka lapangan pekerjaan dan turut berkontribusi terhadap peningkatan sumber pendapatan asli daerah.

“Saya harapkan dengan peresmian Kalawai Mart yang mana bertujuan untuk menyiapkan segala kebutuhan – kebutuhan ekonomi konsumsi masyarakat kiranya dapat mempersingkat dentang waktu masyarakat untuk berbelanja kebutuhan. Sehingga adanya pemerataan dan persaingan bisnis yang sehat,”Pesannya

“Saya juga imbau dan tekankan kepada seluruh anak – anak yang lahir dan datang besar di papua kiranya dapat turut berkontribusi terhadap pembangunan daerah, serta mendorong perputaran ekonomi di daerah semakin maju dan berkembang,”Tambah Gubernur mengharapkan.

Kesempatan itu juga, Gubernur lalu menekankan agar kiranya bersama menjaga dan merawat setiap tempat fasilitas yang telah dibangun di Ibukota Provinsi Papua Barat, Manokwari, sebagai suatu bentuk mendukung peningkatan pembangunan didaerah secara khusus bidang pertumbuhan ekonomi dan sarana prasarana lainnya.

“Mari bersama kita memelihara dan menjaga kamtibmas agar roda perputaran ekonomi di daerah dapat semakin stabil. Jangan ada pengrusakan – pengrusakan fasilitas publik / umum. Supaya kedepan apa yang sudah ada dan dibangun dapat mempercantik ibukota provinsi papua barat,”Ujar Gubernur Mandacan

Advertorial PT. Pulmon Group

Mewakili Owner Umega Kalawai Mart H. Rustam, disampaikan melalui H. Nurjaya membeberkan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan sehingga mulai dari tahap pembangunan di bulan desember 2017 lalu hingga diresmikan oleh Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, M.Si bertepatan di usianya yang ke – 62 tahun, adalah sebuah penghargaan tersendiri bagi keluarga besar umega kalawai mart.

Harapannya, kehadiran Umega Kalawai Mart dapat menjawab setiap kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan barang – barang kebutuhan pokok dengan cepat dan hemat, serta terjangkau.

“Tujuan dihadirkan dan dibukanya Umega Kalawai Mart ini tak lain untuk turut memberikan nuansa tempat berbelanja sambil menikmati jajanan kuliner makanan dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dengan cepat dan lengkap tentunya dengan harga yang terjangkau,”Ungkapnya

Kesempatan itu H. Nurjaya lalu membeberkan sedikit pemilihan nama Umega Kalawai Mart adalah bukan sekedar dipilih tanpa alasan.

Terdiri dari dua unsur kata, yakni “Umega” diambil dari nama toko usaha orang tua mereka yang telah ada dan cukup dikenal di Manokwari. Sedangkan “Kalawai” diambil dari filosofi sebuah alat tradisional yang digunakan dalam usaha berburu hewan baik di hutan ataupun di lautan.

“Jadi penetapan nama ini adalah masih berkaitan dengan nama usaha dari orang tua kami yang ada di Fanindi, Kota Manokwari, “Umega”. Karena disitu adalah tempat kelahiran kami 4 bersaudara, dari 5 orang bersaudara. Dan kami tambahkan Kata Kalawai sesuai filosofi lokal adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencari atau mendapatkan hasil buruan. Dimana adik saya owner kalawai ini (H.Rustam) dia punya beberapa bidang usaha. Diantaranya Ekspedisi, Pom Bensin (SPBU), Transportasi dan jasa sewa alat berat, dan swalayan ini yang telah diresmikan dan tengah dikembangkan,”Tukasnya.

Sembari menambahkan, bahwa prekonomian secara nasional saat ini sedang dalam bangkit kembali. artinya pertumbuhan ekonomi dalam level positif di Ibukota Provinsi Papua Barat, Kabupaten Manokwari pasti akan terus tumbuh dan berkembang. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *