Pelarangan Mudik Lebaran, Konsumsi Listrik di Prediksi Naik, Ini Jawaban PLN Manokwari

MANOKWARI, gardapapua.com — Mudik Lebaran secara resmi dilarang oleh pemerintah provinsi daerah papua Barat sejak 4 Mei 2021 lalu. Artinya, banyak pelanggan PLN UP3 Manokwari yang melewati lebaran tahun ini hanya di rumah saja.

Sejalan dengan kebijakan tersebut, konsumsi listrik saat beban puncak pada lebaran Idul Fitri para pelanggan PLN UP3 Manokwari tahun ini diproyeksikan akan ada kenaikan 2-5% dibandingkan masa lebaran pada 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Robert Rumsaur, Manager PLN UP3 Manokwari.

Meski ada perkiraan peningkatan konsumsi listrik, PLN memastikan kondisi pasokan di wilayah UP3 Manokwari dan sekitarnya aman dan cukup.

Sebelum masa siaga, PLN pun memastikan kondisi peralatan pendukung dalam keadaan baik dan siap beroperasi.

“Setiap hari, PLN selalu siap dan siaga menjaga keandalan pasokan listrik. Namun, di hari-hari besar tertentu siaganya ditingkatkan,”Ujar Robert Rumsaur, Manager PLN UP3 Manokwari.

Kesiapsiagaan PLN UP3 Manokwari

Lebih lanjut dia mengatakan dalam masa siaga Idul Fitri, tidak ada pekerjaan terencana yang memerlukan pemadaman listrik, kecuali dalam kondisi mendesak atau force majeure.

PLN UP3 Manokwari mempersiapkan siaga Hari Raya Idul Fitri, dengan mempersiapkan 10 unit genset dan 21 regu teknisi.

“Ke 10 genset dengan kapasitas 100 kva yang akan digunakan untuk stand by di lokasi acara Sholat seperti Lapangan Kodam Kasuari, Mesjid Sowi 4 dan lainnya. Genset sudah dilengkapi sistem otomatis sehingga apabila terjadi padam akibat gangguan, genset akan nyala otomatis dan over beban otomatis,”Kata Manager PT PLN (Persero) UP3 Manokwari, Roberth Rumsaur (13/5).

Dikatakannya, untuk antisipasi percepatan gangguan trafo distribusi, kita menyiapkan trafo mobile sebanyak 10 unit yang stand by hingga Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan juga trafo distribusi sebanyak 6 unit distand bay kan.

Dikatakannya, selama masa siaga Hari Raya Idul Fitri, PLN stand by kan petugas pelayanan Teknik sebanyak 21 regu yang tersebar di masing masing ULP selama 24 jam hingga H+7 setelah lebaran. Dan material fast moving juga sudah kita stand by kan di masing-masig Unit Layanan Pelanggan.

Sebelum masa siaga, PLN pun memastikan kondisi peralatan pendukung dalam keadaan baik dan siap beroperasi.

Untuk persiapan siaga Idul Fitri sudah dilakukan pemeliharaan jaringan dan pemangkasan pohon yang menyentuh kabel yang bisa mengakibatkan gangguan di seluruh wilayah kerja UP3 Manokwari

“Semoga selama siaga Hari Raya Idul Fitri hingga H+7 untuk kelistrikan di para pelanggan PLN UP3 Manokwari handal tanpa ada padam akibat gangguan jaringan dan masyarakat dapat menjalankan ibadah sholat Id serta lebaran dengan khusuk dan nyaman. Bila ada kendala dalam layanan kami bisa langsung info melalui aplikasi New PLN Mobile yg dapat di download gratis di App Store dan IOS Store dimana telah dilengkapi fitur pelanggan dapat melihat progres penyelesaian yang diajukan melalui PLN Mobile, dimulai dari waktu pelaporan, penugasan regu yang akan membantu melayani, sampai dengan proses pengerjaan hingga listrik dapat menyala kembali,”Kata Roberth Rumsaur. [*/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *