Pilkada Raja Ampat 2020, Pasangan Tunggal Afu – Ori Paparkan Visi – Misinya

WAISAI, gardapapua.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Raja Ampat telah menggelar tahapan, penyampaian Visi – Misi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (tunggal), pada pemilihan kepala daerah (Pemilukada) serentak Tahun 2020, Abdul Faris Umlati (AFU) dan Orideko Burdam.

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di gedung pari Convention Centre waisai kota kabupaten raja ampat, pada Selasa 17-18/11/2020, malam.

Disela kegiatan ini juga turut di warnai tarian adat budaya raja ampat. Dalam pelaksanaannya, pemaparan visi misi dibagi menjadi dua Segmen, yakni segmen Pertama pada selasa 17 November 2020, dengan mengangkat, Thema “Kebijakan strategis memuwujudkan, masyarakat Raja Ampat yang aman dan sejahtera dalam situasi Pandemi Covid-19,” dan Subtema, “Meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di bidang pendidikan, adat dan budaya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Selanjutnya segmen ke dua pada rabu 18/11/2020, dengan tema yakni, “Menjadikan Raja Ampat sebagai rumah bersama dalam melestarikan budaya dan adat istiadat dalam bingkai NKRI”, dan
Subtema, “Memajukan dan menyelesaikan persoalan daerah dibidang ekonomi, pertanian, perikanan, kelautan, politik dan hukum”.

Dalam pemaparan Visi Misi Pasangan calon Bupati dan wakil bupati KPU Raja Ampat menghadirkan tiga panelis dari akademisi masing-masing adalah Prof. Ir. Ricardo Ferdinand Tapilatu,M.App.Sc,Ph.D, Eduard Kocu,S.Sos.,M.Si, dan Nurul Amalia,S.Hum, serta moderator Stevani Patricia.

Pernyataan Pembuka oleh Ketua KPUD Kabupaaten Raja Ampat Steven Eibe, S.STP, dimana kesempatan itu menyebutkan bahwa KPU Raja ampat dalam tahapan ini telah melaksanakan Pemaparan visi misi Calon bupati dan wakil bupati raja ampat yang dalam mengharapkan, agar paslon dapat menyampaikan visi dan misinya didepan Publik secara langsung dan disiarkan secra resmi kepada masyarakat Raja Ampat yang berada diseluruh pelosok bumi bahari untuk dapat mengikuti dan menyaksikannya.

“Sekaligus, dapat melihat sosok pemimpin mereka di Tahun 2020. Dan diharapkan, semoga pelaksanaan pilkada ini dapat berjalan dengan baik, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat memaksimalkan pemaparan ini oleh kita dan terlebih khusus kedua Paslon. Sehingga dapat memberikan manfaat dan faedah untuk kita semuanya,”Ucap Ketua KPUD Raja Ampat.

” Kiranya apa yang dilakukan hari ini dicatat oleh sejarah negeri ini bahwa, inilah calon pemimpin kita yang akan bertanggungjawab untuk kemajuan negeri bumi bahari yang dicintai kita bersama,”Cetusnya menambahkan.

Ia lalu menambahkan, selaku KPU akan menyelenggarakan segala tahapan sesuai dengan regulasi dan dibantu oleh teman-teman Bawaslu serta seluruh keamanan yang ikut berpartisipasi mendukung semua Pelaksanaan kegiatan ini.

Diakhir penuturannya, Ketua KPU Steven Eibe, juga menjelaskan, bahwa Pilkada Tahun 2020 bisa menjadi momentum yang baik bagi semua dan merupakan tanggungjawab bersama untuk menjunjung tinggi nilai – nilai demokrasi.

” Semoga dari bumi bahari yang kita cintai ini, memunculkan suatu pemimpin. Sekaligus menjadikan pesta demokrasi yang baik dinegeri bahari ini bahkan Negara Kesatuan Republik indonesia (NKRI) yang kita cintai,”Harapnya

Sementara itu, sesuai pantauan kepada paslon tunggal yang dikenal AFU – ORI, sejumlah pernyataan dan pemaparan visi setelah dipaparkan, kemudian dilanjutkan melalui sesi penajaman dari segi pertanyaan panelis. Kemudian segmen selanjutnya moderator memberikan kesempatan pada pasangan calon untuk menjawab pertanyaan dan mendapat tanggapan dari panelis, dan pada segmen terakhir, masing-masing paslon diberikan kesempatan menyampaikan memberikan pernyataan penutup (closing statemen) sampai moderator menutup.

Kesempatan itu, Calon Bupati Abdul Faris Umlati SE, dalam penuturannya menjelaskan dan mengharapkan bahwa program-program kerja yang terkandung dalam visi – misinya tetap berjalan tahun ke tahun untuk lima tahun kedepan sehingga pilihannya masyarakat diminta mendukung AFU-ORI, pada 9 desember 2020 mendatang.

Selanjutnya di akhir penutupan acara pemaparan visi misi kesempatan terakhir di berikan kepada Calon Wakil Bupati Orideko Iriano Burdam, dengan (closing statement) menggunakan bahasa daerah biak,”Mkorama Kowe memilih Abdul Faris Umlati dan Orideko iriano Burdam. Yang berarti, ” Kami menyampaikan kepada masyarakat raja ampat mari ingat dan pilih Faris-Orideko, ada keluhan pelayanan di tahun 2020-2025. pelayanan dan pembangunan akan maju kedepan demi masyarakat raja ampat.

Perlu diketahui bahwa, Pemaparan Visi dan Misi sejak segmen pertama hingga segmen kedua, Cabub, Abdul Faris Umlati, SE didampingi Cawabub, Orideko Iriano Burdam, S.Ip,.MM,.M.Ec,.Dev hadir dan mengikutinya hingga selesai dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan dihadiri, jajaran KPU Pusat, KPU Provinsi Papua Barat, Bawaslu Kabupaten Raja Ampat, Komisioner KPU Raja Ampat beserta jajaran Sekretariatan KPU Kabupaten Raja Ampat, Perwakilan Kejari Sorong, Polres Raja Ampat, Ketua dan Anggota DPRD Raja ampat, Partai Pengusung bersama tim sukses serta simpatisan dan pendukung.

Pantauan media ini juga, awal kegiatan hingga pada berakhirnya dijaga Aparat Kepolisian Brimob, yang pada akhirnya berjalan aman dan kondusif. [DM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *