Pengurus Dekranasda Sorsel Dilantik, Ny Juliana Mandacan Serahkan Bantuan Bagi 150 Perajin Sorsel

TEMINABUAN, gardapapua.com — Badan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) Kabupaten Sorong Selatan Periode 2016-2021 resmi dilantik.

Prosesi pelantikan berlangsung di Hotel Mratuwa Sesna Teminabuan, (9/9/2020) itu, turut hadir dalam acara ini Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan, Ketua Dekranasda Papua Barat Ny Juliana A Mandacan, Ketua Dekranasda Kabupaten Sorong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE, Bupati Sorong Selatan diwakili oleh Asisten 3 Bidang Administrasi umum H Aris,SKM,M.Kes, Kapolres Sorong Selatan AKBP Sahat M H Siregar,SH.Dandim 1807 Sorong Selatan Letkol.Inf Batara Aleks Bulo, Pimpinan OPD serta warga masyarakat.

Dalam sambutanya Ketua Dekranasda Kabupaten Sorong Selatan Ny Beatriks AnggiluIy,SE menjelaskan, bahwa usai Pelantikan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Sorong Selatan Periode 2016 -2021pihaknya dalam waktu dekat selaku pengurus Dekranasda Kabupaten Sorong Selatan akan menyelenggarakan rapat kerja guna membahas program kerja 2020 2021 dan meminta dukungan dan petunjuk dari Ketua Dekranasda Papua Barat.

Dijelaskan juga bahwa tujuan pembentukan Dekranasda Kabupaten Sorong Selatan adalah untuk menggali dan mengembangkan dan melestarikan warisan dari budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dalam rangka memperkokoh jati diri budaya bangsa.

Selain itu juga untuk menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan sebagai kehidupan sehari hari warga negara indionesia yang dapat meningkatkan martabat manusia, memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan perajin dan peminat dengan mendorong semangat kewiraswastaan.

Selain itu membantu pemerintah dan merumuskan kebijaksanaan dibidang industry kerajinan dan program peningkatan kualitas sumberdaya manusia serta memperluas pangsa pasar hasil kerajinan.

Ny Beatriks Anggiluli,SE kesempatan itu, menambahkan bahwa Keberhasilan pencapaian kelima tujuan ini dapat terwujud jika dikerjakan oleh pengurus Dekranasda Kabupaten Sorong Selatan untuk itu diharapkan dukungan dan suport dari seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Sorong Selatan. Baik pimpinan OPD, organisasi sosial kemasyarakatan, pelaku usaha serta seluruh lapisan masyarakat di kabupaten Sorong Selatan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Dekranasda Sorong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE meminta kepada Bupati Sorong Selatan untuk pengalokasian dna yang memadai sehingga dekranasda Kabupaten Sorong Selatan dapat melaksanakan tugas secara maksimal.

Permintaan lainya adalah kepada Pimpinan OPD terkait diharapkan kerjasama dan sinergitas program kerja antara OPD dan Dekranasda Kabupaten Sorong Selatan disamping itu diharapkan adanya upaya pembinaan penyiapan fasilitas dan permodalan serta upaya untuk mencari pangsa pasar bagi pelaku usaha industry kecil dan menengah.

Dan kepada pimpinan bank dan lembaga keuangan yang ada di sorong selatan agar dapat memberikan dukungan dana berupa bantuan stimulus maupun bantuan kredit usaha kepada pelaku usaha industry kecil dan menengah dengan memberikan kemudahan dalam proses kepengurusanya.

Ny. Juliana A.Mandacan selaku Ketua Dekranasda Provinsi Papua Barat dalam sambutanya menjelaskan bahwa Dekranasda adalah lembaga independen nirlaba untuk menghimpun segenap pemangku kepentingan dibidang seni kerajinan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra pemerintah untuk menggali dan melindungi serta melestarikan membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan berbudaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin.

Juliana A Mandacan berharap agar kiranya pengurus Dekranasda Sorong Selatan yang baru dilantik segera menyusun dan melaksanakan program untuk bekerja sama dan sama sama bekerja saling sinergitas antara dekranasda Provinsi dan Dekranasda Kabupaten agar hasilnya semakin maksimal.

Sementara itu selaku Ketua Dewan Pembina Dekranasda Provinsi Papua Barat Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Sorong Selatan serta badan pengurus yang baru saja di lantik agar kiranya dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Sementara itu bupati Sorong Selatan yang diwakil oleh Asisten Bidang Administrasi Umum H.M Aris SKM,M Kes dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang bagi Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan bersama Ketua Dekranasda Papua Barat Ny Julianan A Mandacan di Kabupaten Sorong Selatan.

H Aris SKM M.Kes juga menyampaikan terimah kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Gubernur Papua Barat dan Ibu Gubernur dan seluruh jajaran Provinsi Papua Barat yang telah berkenan hadir di kabupaten Sorong Selatanuntuk melaksanakan serangkaian agenda diantaranya Peresmian kilang Sagu di Distrik Seremuk, pelantikan Dekranasda Kabupaten Sorong Selatan, penyerahan bantuan Bapok dan tangan kasih, serta membuka Mubes Imekko dan Tehit.

Dalam kesempatan yang sama Ny.Juliana A Mandacan, selaku ketua Dekranasda Papua Barat menyerahkan bantuan kepada perajin di kabupaten Sorong Selatan berupa bantuan bahan pokok dan stimulus bagi 150 Perajin binaan Dekranasda Papua Barat. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *