DaerahGarda Raja Ampat

Tim Covid-19 Raja Ampat Dilindungi BPJS

WAISAI, gardapapua.com — Sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Raja Ampat.

Hal ini disampaikan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Raja Ampat, Inggrid Latuconsina saat menyerahkan kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Tim Covid Raja Ampat yang diterima langsung Sekda, Dr Yusuf Salim, M.Si. untuk selanjutnya diserahkan kepada perwakilan Satgas Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo (Sekretaris Satgas Covid-19 Raja Ampat), di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Waisai, Jumat (29/5/2020), sesuai rilis pers humas raja ampat.

“BPJS Ketenagakerjaan melihat Tim Covid di Lapangan khususnya di Raja Ampat ini sudah bekerja keras, dan dalam melaksanakan tugas sehari-hari ini kan, tentu ada risiko. Risiko yang diperoleh selama menjalankan tugas sebagai Tim Covid, bisa risiko terpapar covid, sampai bisa meninggal dunia, atau risiko kecelakaan kerja saat mungkin turun lapangan dari rumah ke tempat kerja atau pun sebaliknya,”Kata Inggrid.

Menurut Inggrid upaya perlindungan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan yakni jaminan keselamatan kerja maupun jaminan kematian.

“Sementara kami melihat bulan-bulan sebelumnya belum ada yang melindungi Tim Covid, belum diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan, baik untuk jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian. Karena itu, kami berinisiatif ataupun ini bentuk empati kami, jadi kami punya tanggungjawab moril untuk melindungi teman-teman (tim Covid) yang ada di lapangan,”Ujar Inggrid.

Sementara itu, Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim memberikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami Pemerintah Daerah berikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan, yang mana mau memberikan sebuah kepedulian mereka terhadap Tim Covid yang ada di lapangan. Jadi Tim Covid Raja Ampat ada jaminan keselamatan kerja dan jaminan kematian yang diberikan oleh BPJS ketenagakerjaan secara gratis,”Terang Sekda Yusuf Salim.

Ia menyatakan penyelenggaraan jaminan tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah daerah dan BPJS Ketenagakerjaan.

“ Ada kerja sama antara Pemda Raja Ampat dengan BPJS Ketenagakerjaan tetapi tidak menggunakan APBD, Jadi ada kiat-kiat tertentu yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan dan ini kami memberikan apresiasi yang luar biasa,”Tambah Sekda Yusuf Salim.

Ia juga mendorong Tim Covid Raja Ampat terus bekerja keras melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan covid di Raja Ampat. [Rls/DM/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *