Luhut Panjaitan Desak Pengelola Wisata Selam Raja Ampat 80% OAP

SORONG, gardapapua.com — Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan meminta Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, agar memasang target kedepannya, 80 persen pengusaha Orang Asli Papua (OAP) bisa menguasai wisata selam di Kabupaten Raja Ampat.
“Saya minta Gubernur pasang target. 2 atau 3 tahun kedepan harus 80 persen Pengusaha Papua yang mengelola ini,”Kata Luhut dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Investasi Hijau di Sorong, Kamis (27/2/2020), kemarin.

Kata Luhut, hasil perbincangan dengan investor yang akan membantu Papua dalam pengembangan Ekonomi itu diketahui bahwa wisata selam lebih banyak dikelola pihak asing.

Selain itu, Luhut juga menyinggung soal Kapal asing yang berlabuh jangkar di perairan Raja Ampat. Kata dia, jangkar itu akan merusak terumbuk karang dan membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh kembali. Dia mengaku pemerintah akan memberikan perhatian serius soal hal itu.

Adapun kehadiran Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, kesempatan itu didampingi Bahlil Lahadalia, S.E Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dalam kesempatan ini, juga diharapkan agar pada setiap bentuk Investasi yang masuk di Tanah Papua, kedepannya tidak mengesampingkan masyarakat Pemilik Hak Ulayat, disetiap daerah provinsi papua dan papua barat. [Tim/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *