Sebut Bawaslu Bekerja Untuk Kepentingan Penguasa, Begini Respon Bawaslu Bintuni

MANOKWARI, gardapapua.com — Politisi sekaligus caleg Partai Golkar, Mektisen Meven, kecewa terhadap kinerja Bawaslu Kabupaten Teluk bintuni yang dinilai menjadi kaki tangan untuk kepentingan penguasa dan partai, terutama untuk memenangkan caleg tertentu dalam pesta demokrasi Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni.

Hal ini dikatakan oleh Mektison, menanggapi adanya dugaan kecurangan dan money politik saat Pemilu di wilayah, merdey dan distrik moskona barat.

“Saat ini kami masih mengumpulkan bukti-bukti adanya pelanggaran yang terstruktur, sistimatif dan masif,”Keluhnya saat diwawancarai media gardapapua.com, senin (6/5/2019).

“Kami tidak percaya bawaslu kabupaten Teluk bintuni, untuk itu kami akan lapor ke bawaslu provinsi setelah bukti-bukti sudah lengkap,”Kata mektisen menambahkan.

Lanjut Dia, bahwa dugaan money politik terjadi hampir merata di 24 distrik. ia mencontohkan, ada oknum KPU yang diduga mengatur PPD moskona barat agar mengamankan suara untuk salah satu caleg, bahkan oknum caleg tersebut bersedia mencarter pesawat untuk mengamankan kotak suara.

“Kami punya saksi, dan mudah-mudahan saksi tersebut mau berkata jujur terkait money politik yang dilakukan oleh caleg itu,”Terang Mektisen.

Senada diungkapkan, Edison Orocomna salah satu politisi lainnya dari partai Perindo mengatakan bahwa terkait dugaan pelanggaran money politik yang dilakukan oknum KPU Teluk Bintuni dan beberapa oknum lainnya segera dilimpahkan ke Bawaslu Kabupaten Teluk Bintuni.

” Kami masih mengumpulkan bukti terkait adanya dugaan money politik yang dilakukan oleh oknum KPU Teluk bintuni, jika bukti sudah lengkap maka kami akan buat laporan resmi,”Tegasnya

Menanggapi keluhan ini, Supiah Tokomadoran, S.Pd, MM, Anggota Bawaslu Kabupaten Teluk Bintuni, koordiv., Hukum, Data, dan Informasi kepada gardapapua.com, senin (6/5/2019) malam menegaskan bahwasannya tentang beberapa aduan ini, pihak bawaslu siap menindaklanjuti jikalau disertai bukti – bukti yang lengkap dan akurat.

Sementara tudingan atau laporan tentang bahwa Bawaslu bekerja untuk partai tertentu atau penguasa, serta tudingan lainnya, Pihak Bawaslu Bintuni masih menunggu penyampaian laporan para politisi ataupun masyarakat yang merasa dicurangi dalam pesta Pemilu 2019 ini.

” Ia Belum. Sebab ada juga disebut – sebut dalam forum tapi kami dari bawaslu kan butuh bukti. Sehingga tentang segala bentuk aduan, saya juga akan mengecek dengan pihak Gakumdu apakah aduan ini sudah ada ataukah belum, “Cetusnya

Berbeda dengan Supiah Tokomadoran, S.Pd, MM, Anggota Bawaslu Kabupaten Teluk Bintuni, koordiv., Hukum, Data, Ketua bawaslu kabupaten Teluk bintuni, Daniel Balubun, ketika dikonfirmasi terkait tuduhan yang dilontarkan oleh Mektisen, Ia belum mau mnangggapi hal tersebut lebih lanjut.

“Silahkan saja, itu haknya mektisen,”Tutup Daniel Balubun sembari menutup sambungan selulernya. [KK/Ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *