Di Merauke, Jokowi Resmikan Kapsul Waktu 7 Mimpi Anak Indonesia

MERAUKE, gardapapua.com –  Presiden Ir Joko Widodo didampingi Ibu negara Hj. Iriana Joko Widodo, Gubernur Papua Lukas Enembe dan sejumlah petinggi negara dan pejabat lainnya yakni Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., turut hadir mendampingi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam peresmian Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, Jumat (16/11) pagi.

Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Mopah, Merauke (16/11) dinihari.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melaksanakan tugas negara KTT Asean di Singapura dan sekitar pukul 01.25 wit, Jumat (16/11) dini hari, barulah tiba di Bandara International Mopah, Merauke, turut disambut Gubernur Papua Lukas Enembe, Kapolda Papua Irjen Pol Drs Martuani Sormin, dan sejumlah pejabat lain.

Presiden Jokowi Saat Bersalaman dengan Kapolda Papua Irjen Pol Drs Martuani Sormin (ist)

Dalam peresmian monumen yang berada tepat di depan Kantor Bupati Merauke ini, Presiden Jokowi berharap, Monumen Kapsul Waktu yang merupakan wujud mimpi anak-anak Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi dengan 7 mimpi dan harapan yakni, Sumber Daya Manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain, Masyarakat Indonesia yang menjungjung tinggi pluralisme, berbudaya, relijius dan nilai-etika, Indonesia sebagai pusat pendidikan teknologi dan peradaban, Masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi, Membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, Indonesia yang mandiri dan berpengaruh di Asia Pasifik dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia, dapat dicapai dalam 70 tahun kedepan.

Ketujuh impian tersebut dimasukan ke dalam kapsul waktu dan akan dibuka pada tahun 2085 oleh para penerus bangsa lainnya.

Monument Kapsul Waktu Di merauke (doc.pupr)

Monumen tersebut kini menjadi landmark baru Kota Merauke ini mengadopsi unsur budaya Papua. Monumen ini berada di atas bangunan tugu yang terinspirasi dari Menara Perang Suku Dani, dengan lima akses masuk bangunan yang merepresentasikan lima suku asli Merauke yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu sebagai penjaga dari Monumen Kapsul Waktu, dengan luasan 2,5 HA.

Sebelumnya, Menteri PUPR Hadi Muljono mengatakan, Ide Pembangunan monument Kapsul Waktu untuk menyimpan Kapsul Waktu ( Ide dan Harapan,red) berasal dari President Jokowi, yang diamanatkan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke -70 kemerdekaan Indonesia 2015 silam. [kk/red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *