Dinsos dan Gabpeknas Gabung ‘Jurus’ Mama – Mama Papua Terima Pindok Pinang

MANOKWARI, gardapapua.com — Mama -mama pedagang asli Asli Papua yang biasa berjualan di Jl Poros Pantura, Pantai Maripi, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (5/11/2018) mendapatkan bantuan dari Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Paket bantuan ini merupakan hasil kerjasama lanjutan alias gabung jurus perhatian antara Dinas Sosial Papua Barat dengan Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional (Gapeknas) Kabupaten Manokwari sejak tahun 2017.

Gubernur Drs Dominggus Mandacan, saat memberikan sambutan.

Gubernur Papua Barat berharap bantuan ini dapat digunakan untuk peningkatan ekonomi keluarga. Sekaligus mampu menjawab usaha kemandirian perekonomian masyarakat ekonomi menengah kebawah.

” Saya berharap mama – mama papua dapat mengelola dan mendapatkan pendapatan dengan adanya pemberian pondok pinang ini. Program ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Otonomi Khusus dan upaya meningkatkan kesejahteraan sosial. Sehingga pesan saya tolong dirawat dan dijaga, “Ucap Gubernur Dominggus Mandacan.

 

Kepala Dinas Sosial Papua Barat, Lasarus Indouw dalam laporannya mengatakan, pembangunan Pondok Pinang ini menelan anggaran sebesar Rp. 3,983.000.000 melalui anggaran APBD Otonomi Khusus Tahun 2018, dimana dengan rincinan harga perunit adalah sebesar Rp. 38 juta rupiah yang kemudian di kalikan dengan 100 unit. Sementara sekitar Rp. 60 juta sekian adalah jasa konsultan.

Dimana Bantuan ini merupakan kelanjutan program yang sebelumnya telah dianggarkan pada APBD perubahan untuk menjawab pemerataan permintaan dan pembangunan Pondok Pinang bagi mama – mama Papua Barat.

” Dinsos Papua Barat dalam tahun ini menyiapkan sebanyak 100 pondok pinang permanen yang tersebar 90 unit di Manokwari dan 10 unit di Kaimana. Harapan kami di tahun selanjutnya akan kita bagikan di daerah lainnya juga,”Ucapnya.

Ketua Gabungan Kontraktor Nasional (Gabpeknas) Manokwari, Roby Wanggai menuturkan ekonomi masyarakat adalah sektor yang sangat perlu diperhatikan. Untuk itu, membangun ekonomi tidak sebatas hanya pemerintah saja, tetapi para pengusaha harus bersinergi dengan pemerintah.

” Ekonomi harus bagus maka anak – anak juga tidak akan nakal – nakal. Dan menjadi dorongan peningkatan nilai ekonomi kepada masyarakat lokal khususnya agar jangan lagi ada kecemburuan sosial terjadi,”Ujarnya

Roby Wanggai juga kesempatan itu mengajak setiap pimpinan OPD terkait untuk dapat terus bermitra dengan Gabpeknas untuk meningkatkan dan mendorong sektor capaian ekonomi masyarakat dapat meningkatkan. [ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *