Aspirasi RakyatDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsPolitikSudut Pandang

Komitmen kawal tahapan Pilkada 2024, Ketua Tim Koalisi 8 : ‘Cawabup dari kami Purwanto, Mohon Doa dan dukungan Masyarakat’

MANOKWARI, gardapapua.com — Pasca di deklarasikan dan diputuskan bersama, sejumlah partai yang tergabung di dalam tim ‘Koalisi 8’ Papua Barat, telah berkomitmen mengawal pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024 dengan menjalankan fungsi pengawasan pada setiap tahapan penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat tersebut.

Tim Koalisi 8 juga bersepakat, untuk mendorong salah satu figur potensial mewakili nusantara, masuk dalam bursa kandidat Calon Wakil Bupati (Cawabup) dalam perhelatan Pilkada 2024 Manokwari.

Ketua tim koordinator koalisi 8 Parpol Papua Barat, Harton Tapilatu mengatakan, apa yang dilakukan pihaknya, sudah tentu memegang peranan penting dalam sistem pemerintahan di negara demokrasi.

Dimana dalam menjalankan peran dan fungsinya, pihaknya memegang teguh dan menerapkan sistem politik berintegritas dalam memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Apa yang kami sejumlah partai politik kerjakan dalam gerbong Koalisi 8 ini tentu menjalankan amanah dan lima fungsi partai politik di Indonesia berdasarkan Pasal 11 UU Nomor 2/2008, jadi jangan anggap kami sepeleh,”Ujar Harton Tapilatu.

Lima fungsi Partai Politik sendiri antara lain, pertama, sebagai sarana pendidikan politik bagi seluruh masyarakat Indonesia agar menjadi WNI yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kedua, menciptakan iklim yang kondusif bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia demi kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, menyerap, menghimpun, dan menyalurkan aspirasi politik masyarakat dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan negara. Keempat, sebagai tempat Warga Negara Indonesia (WNI), dapat berpartisipasi dalam menentukan arah politiknya. Dan terakhir, merekrut untuk mengisi jabatan politik melalui mekanisme demokrasi dengan memperhatikan kesetaraan dan keadilan gender.

Kata Harton, bahwa tidak dapat dipungkiri keberadaan partai politik sangat menentukan perkembangan demokrasi bangsa, secara khusus di Papua Barat, dalam mewujudkan pembangunan kesejahteraan di daerah bagi Masyarakat.

“Ketika partai politik bisa mengimplementasikan bagaimana berdemokrasi, tentu akan berpengaruh kepada masyarakat luas. Partai politik sesungguhnya menjadi elemen sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia,”Tutur Harton.

Belajar dari pengalaman Pemilu serentak di Manokwari, serta banyaknya kasus yang ditangani oleh Mahkamah Konstitusi (MK), akan sejumlah Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2024 (PHPU DPR/DPRD), dan beberapa diantaranya adalah di wilayah Papua Barat, Harton Tapilatu yang juga sebagai Ketua Partai Garuda Papua Barat, mengharapkan agar pada Pemilukada Serentak Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota, seyogianya dapat berjalan lebih baik dari pelaksanaan Pemilu Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg).

“Kami sesungguhnya sangat menyayangkan bilamana praktek – praktek kecurangan pada Pemilu Serentak pada Pileg kemarin terjadi lagi di Pilkada Papua Barat pada pesta demokrasi pemilihan Calon Gubernur / Wakil Gubernur, Bupati / Wakil Bupati, Walikota / Wakil Walikota. Sebab, tentunya mengakibatkan demokrasi yang salah, dan akan terpaku pada politik uang (Money Politics), kemudian pembunuhan karakter, serta matinya demokrasi di Tanah Papua, secara khusus di Papua Barat,”Tegas Harton.

Harton menuturkan, bahwa keberadaan partai politik menjadi sangat sentral dalam menentukan pemimpin untuk menghadirkan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga, dengan hubungan yang baik antara partai politik peserta pemilu dengan penyelenggara, pemangku kepentingan terkait didaerah, mestinya bisa memberikan suatu bentuk pembelajaran politik yang baik bagi Masyarakat.

“Dan juga komunikasi dan koordinasi yang dilakukan sejak dini akan meminimalisir potensi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. Maka itu penting kita juga sebagai pimpinan – pimpinan partai memberikan edukasi politik yang baik bagi Masyarakat,”Tuturnya.

Adapun terkait Pilkada Manokwari, Harton menyebutkan, bahwa pihaknya telah resmi mengusulkan nama Purwanto yang juga merupakan kader dan ketua DPW PSI Papua Barat, sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Cawabup) dalam Pilkada 2024 Manokwari.

Dikatakan juga, pada prinsipnya figur Calon Wakil Bupati (Cawabup) yang usulkan dan daftarkan adalah Ketua DPW PSI Papua Barat, sehingga setiap Calon Bupati yang ada dapat juga layak menghitung keberadaan purwanto sebagai calon wakil yang ada.

“Koalisi 8 akan tetap mempertahankan Purwanto sebagai calon wakil bupati manokwari periode 2024 – 2029 sehingga sudah pasti siapapun calon Bupati Manokwari yang melamar atau meminang purwanto sebagai wakilnya maka sudah pasti koalisi 8 akan berjalan bersama dalam membangun manokwari secara keselurahan. Baik dari pemberdayaan dan peningkatan SDM dan Infrastruktur kota ini,”Ungkapnya.

Dikatakan pula, dalam koalisi 8 ini, sejauh yang ada meski di tingkat Provinsi merupakan Paetai Non Seat, namun di tingkap Kabupaten Manokwari memiliki 3 kursi. Masing – masing terdiri dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Buruh dan Partai Hanura.

” 2 – 3 kursi ini bisa menjadi kekuatan seat penambah, sebagai syarat pendaftaran di KPU,”Ucap Harton.

Ini telah dibuktikan, dalam beberapa waktu terakhir pihaknya sudah secara resmi mengikuti tahapan dari tingkat di tim penjaringan atau desk pilkada setiap Parpol di daerah guna mengembalikan berkas pendaftaran Cawabup Purwanto.

“Jadi di sejumlah tim penjaringan / desk pilkada Partai Politik yakni Demokrat, PSI, Gerindra, dan Hanura. Selain itu pula, ada Partai Buruh yang juga dalam waktu dekat kami akan melakukan proses pendaftaran berkas kesana,”Jelasnya.

Purwanto sendiri, dalam karir politik adalah sebagai Ketua DPW PSI Papua Barat. Dan dalam bidang organisasi dan kepemudaaan merupakan sosok yang humanis, yang dikenal sebagai koordinator Presidium MD KAHMI Kabupaten Manokwari dan Pembina Ikatan Warga Trenggalek, beliau (purwanto) juga adalah salah satu dari pimpinan Ikaswara Kab. Manokwari sehingga sangat tepat dan baik sekali jika purwanto juga dapat dijadikan salah satu calon kandidat wakil bupati yg harus diperhitungkan.

Dalam organisasi lainnya, Purwanto merupakan Wakil Sekretaris Lembaga Pengembagan Jasa Konstruksi Papua Barat, Ketua Gapeknas Papua Barat. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *