BudayaDaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsNasionalReligi

Silaturahmi dengan Jemaat di Pulau Mansinam, Pj. Gubernur Papua Barat Terima Berkat dan Siap Awali Tugas Pemerintahan

MANOKWARI, gardapapua.com — Mengawali rutinintas dan tugas – tugasnya di Pemerintahan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali baham Temongmere,M.TP, melaksanakan kunjungan silaturahmi ke Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, pada Minggu (5/11/2023).

Kunjungan tersebut, Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.TP, didampingi Pj. Sekda Dr. Ir. Jacob Fonataba, M.Si, Para asisten dan jajaran kepala pimpinan OPD terkait.

Setibanya di Pulau Mansinam, Pj. Gubernur Papua Barat beserta rombongan, disambut oleh perwakilan Masyarakat dan tokoh agama setempat, dan di dampingi, Pdt. Melkianus Warfandu STh, yang juga selaku Ketua Badan Pekerja GKI di Tanah Papua Klasis Manokwari, serta Bupati Manokwari, Hermus Indou.

Pj. Gubernur Drs. H. Ali Baham Temongmere, memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan diri kepada para jemaat yang hadir. “Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu yang telah hadir serta kepada seluruh masyarakat warga jemaat GKI Lahai-roi Mansinam atas penyambutan terhadap saya. Ini saya nilai sebagai semangat yang baru dukungan buat saya mengawali tugas – tugas saya nanti dihari senin dan seterusnya dalam tata kelola pemerinatahan ini sekiranya bisa berjalan dengan baik,”Ujar Pj. Gubernur, Ali Baham Temongmere.

Sebagaiamana perjalanan Carl Willhem Ottow asal Belanda dan Johan Gottlob Geissler asal Jerman, yang juga merupakan misionaris pertama yang membawa Injil ke Tanah Papua, Teluk Doreh, pada 5 Februari 1855, lalu, dan selalu disebut sebagai “Rasul Papua“, menjadi Teladan bagi Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere,M.TP, dapat mengilhami hal – hal tersebut mengawali tugas sebagai penjabat Gubernur, dengan pelaksanaan kunjungan kasih silaturahmi bersama Masyarakat di gereja GKI Lahai-roi Mansinam, Teluk Doreh, Manokwari.

Dalam wawancara bersama para awak media, Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere lalu menyebutkan, bahwasannya sebagai tempat Pusat peradaban di tanah papua melalui Injil, tentu merupakan sebuah kekuatan bagi dirinya mengawali rutinintas dan program kerja pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Manokwari, Provinsi Papua Barat, bersama-sama bisa lebih bersinergi dalam membangun Papua Barat menjadi lebih baik lagi.

“Kunjungan tadi juga untuk melihat secara langsung situs peradaban tanah papua dari agama Kristen yang ada, dan tentu ini menjadi awal yang baik dalam kepimpinan kami. Kami disambut dengan baik oleh pimpinan jemaat disana, Ketua Klasis GKI Manokwari, Bupati Manokwari, ini merupakan sebuah kekuatan bagi kami. Dan ini penting bagi kami, sebelum nantinya mengawali rutinintas dan program kerja pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Manokwari, Provinsi Papua Barat,”Cetus Ali Baham Temongmere.

“Kesannya kami dapat diterima dengan baik. Dan dengan telah diterima ini, kami berharap kedepan akan ada masukan – masukan yang baik bagi kami dipemerintahan agar kiranya dalam masa kerja kepimpinan kami, nantinya dapat bekerja dengan baik,”Sebutnya menambahkan.

Bpk. Hans C. Wanma, S.Th, selaku Pdt. Gereja GKI Lahai-roi Mansinam menuturkan, menyambut baik niat dan ketekunan hati sosok Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere yang dalam hari – hari kedepan akan menjalankan roda pemerintahan sebagaimama amanat yang telah diberikan negara kepadanya, namun sebelum itu dilaksanakan, lebih memilih untuk mau hadir bersilaturahmi mengunjungi jemaat di Pulau Mansinam.

Dengan demikian, sebut Wanma, kiranya kasih Tuhan dapat memberikan kepada Pj. Gubernur Ali Baham Temongmere hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga mampu melaksanakan tugas – tugasnya di pemerintahan secara bijaksana dan penuh kasih.

“Selamat datang dan selamat memulai pemerintahan, dengan datang dan mengunjungi Pulau Mansinam. Kiranya hikmat, marifat dari TUHAN yang maha kuasa, untuk memimpin dan melayani dengan hati, dan bisa melihat suku – suku yang ada di Papua Barat ini dengan Kasih, dicurahkan kepada Bpk. Pj. Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere. Doa kita semua, dan kita menerima dengan baik kunjungan ini,”Ujar Hans C. Wanma, S.Th.

Ketua Badan Pekerja GKI di Tanah Papua Klasis Manokwari, Pdt Melkianus Warfandu, S.Th, menuturkan sangat bangga atas kehadiran Pj. Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere ditengah – tengah Jemaat, di Pulau Mansinam. Dikatakan pula, bahwa pihaknya, siap mendukung kerja – kerja Pj. Gubernur Papua Barat dan meyakini akan ada kerja – kerja luar biasa, demi kemajuan Papua Barat.

“Saya rasa bangga atas kehadiran Bpk Pj. Ali Baham Temongmere di dalam moment kebersamaan ditengah – tengah jemaat di GKI Lahai-roi Mansinam. Hal yang perlu saya sampaikan, bahwa jika semua pihak melaksanakan kegiatan mengawali sesuatu dengan dukungan doa, maka kiranya ini sebagai hal yang baik. Kami yakin akan ada kerja – kerja luar biasa yang siap dilaksanakan oleh Penjabat Gubernur kedepan. Kami menyambut bapak, adalah dengan komitmen siap mendukung bapak untuk melakukan kerja – kerja luar biasa membangun Papua Barat. Sehingga kita mari panjatkan Puji Syukur atas kesempatan ini,”Tukasnya.

Bupati Hermus Indou, juga dalam sambutannya menyebut Pj. Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere pemimpin anak adat Mbaham-Matta Fakfak, sebagai sosok yang religius. Tanggapan itu disampaikan menyisakan kesan mendalam bagi seluruh Jemaat yang hadir dikesempatan itu.

“Kita apresiasi. Mengawali pekerjaan pemerintahaannya, ini pemimpin yang religi, karena memilih untuk menyerahkan diri dalam tangan TUHAN. Sehingga Pasti TUHAN akan merancangkan hal – hal yang baik dan besar buat Bapak Pj. Gubernur Papua Barat, dalam komitmennya kedepan dalam mengerjakan karya – karya terbaik di Papua Barat. Dan kita perlu apresiasi anak suku asli Mbaham-Matta Fakfak dalam kepimpinannya untuk kita semua di Papua Barat. semua perlu apresiasi keadilan ini. Karena TUHAN buat kita sejajar ditanah yang dianugerahkan kepada kita,”Cetus Bupati Hermus Indou.

“Ini penggenapan dan janji TUHAN. Tidak ada yang terjadi secara kebetulan. Sehingga marilah kita syukuri atas kemurahan TUHAN. Dan kita harus memberikan apresiasi berkat TUHAN bagi Penjabat Gubernur, namun secara lebih luas oleh kita seluruh lapisan Masyarakat,”Sambungnya menambahkan.

Sembari menambahkan, bahwa Masyarakat dan Pemerintah Daerah Manokwari siap turut serta mengamankan program – program kebijakan strategis dan keberpihakan kepada Masyarakat demi sebuah perubahan baik di wilayah Papua Barat.

“Kita siap amankan kebijakan Bapak 100 persen. Kebijakan – kebijakan Bapak sebagai wakil Allah dalam Pemerintahan untuk tanah Arfak, dan juga Mbaham-Matta serta daerah suku lainnya di Papua Barat. semoga TUHAN yang maha kuasa memakai bapa luar biasa, dan menjadi berkat bagi banyak orang. Kiranya melalui program – porgram kebijakan di tangan Bapak, dapat membuat perubahan – perubahan yang luar biasa. Mari kita terima dengan sukacita, agar berkat TUHAN menjadi bagian kita,”Tukas Bupati Hermus Indou.

Dikesempatan itu pula, Pj. Gubernur Papua Barat turut menyerahkan secara simbolis, bantuan sembako dan alat pancing dari dinas perikanan atas nama pemerintahan daerah, kepada jemaat di Pulau Mansinam. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *