DaerahGarda ManokwariGarda Papua BaratHeadline newsRegional

Ini Harapan Nataniel Mandacan, Saat Melantik Jajaran Pengurus PMI Manokwari

MANOKWARI, gardapapua.com — Dewan kehormatan dan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manokwari, resmi dilantik.

Pelantikan ini dipimpin langsung Ketua PMI Papua Barat, Drs. Nataniel D. Mandacan M.Si, melantik, pada Kamis (9/2/2023), di Aula Kantor Bupati, Manokwari.

Kesempatan itu, Bupati Manokwari Hermus Indou didapuk sebagai pelindung dan H. Yusran Mahdani sebagai ketua PMI Manokwari.

Ketua PMI Papua Barat, Drs. Nataniel D. Mandacan M.Si, dalam arahan amanahnya mengatakan, bahwa dengan telah dilantiknya jajaran pengurus PMI tingkat Kabupaten Manokwari maka harus siap sedia memikul tanggung jawab kemanusiaan kepalangmerahan di Kabupaten Manokwari.

“Saya berharap untuk melakukan peningkatan pada aspek sukarelawan Palang Merah Remaja. Pesan saya tingkatkan ke sekolah-sekolah lain yang belum terlibat dalam PMI Manokwari,”Pesan Ketua PMI Papua Barat, Drs. Nataniel D. Mandacan M.Si.

Ia lalu meminta pengurus PMI untuk terus mengedepankan 7 prinsip PMI. Sebab PMI merupakan lembaga sosial kemanusiaan bertujuan untuk membantu meringankan beban penderitaan sesama manusia.

“Tolonglah korban tanpa melihat latar belakang baik akibat bencana alam maupun ulah kita (manusia, red) sendiri,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Manokwari Hermus yang juga sebagai pelindung PMI Manokwari mengatakan PMI wajib sedia ikut berperan dalam penanggulangan bencana.

“PMI memiliki peran penting dalam mengemban tugas sosial kemanusiaan,”Ujarnya.

Ia menuturkan sebagian besar masyarakat masih takut dan tingkat kepedulian antar sesama masih kurang sebagai pendonor darah.

” Kita harus bisa merubah pola pikir masyarakat agar memiliki kepedulian antar sesama terkait donor darah,”Tuturnya.

Untuk itu, perlu kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam program donor darah.

“Kebutuhan darah di Manokwari lebih di dominasi pasien kecelakaan, melahirkan dan penderita penyakit demam berdarah,”Pungkasnya. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *