DaerahGarda KaimanaGarda Papua BaratRegional

Bupati Freddy Thie Targetkan Warga di Kaimana Segera Nikmati Air Bersih

KAIMANA, gardapapua.com — Bupati Kaimana Freddy Thie mencoba memastikan bahwa dalam waktu dekat warganya di Wilayah Kabupaten Kaimana segera menikmati sumber air bersih.

Itu diungkapkannya usai meninjau sumber air bersih di Km 14, Km 06, Km 05, dan Kali Torabe yang terletak di Batu Putih, Kaimana Kota, Sabtu (6/8/2022). Dalam kegiatan ini, Freddy didampingi oleh Sekretaris Daerah Donald R Wakum, Kepala Dinas PU Viktor Klau, dan sejumlah pejabat Pemda Kaimana lainnya.

Tujuan kunjungan ini untuk mengetahui kendala yang selama ini dialami oleh Pemerintah Daerah, sehingga sampai saat ini belum ada penyaluran air bersih ke rumah masyarakat. Padahal, Kaimana memiliki sumber air bersih yang melimpah.

Melalui keterangannya, Freddy menyampaikan, bukan hanya sumber air yang sudah tersedia, tapi juga jaringan instalasi pipa juga sudah ada. Namun yang cukup mengherankan, ketersediaan air bersih selalu menjadi keluhan masyarakat sejak Kabupaten ini berdiri sendiri pada tahun 2003 yang lalu.

“Meskipun Saya bukan teknisi pengairan, tetapi melihat ketersediaan sumber air dan jaringan pipa ini, bagi Saya ini bukan masalah besar. Hanya butuh beberapa sentuhan, air pasti sudah bisa mengalir ke rumah masyarakat,”Kata Freddy.

Lebih lanjut, Bupati keturunan Tionghoa ini pun menyampaikan komitmennya untuk segera menyelesaikan persoalan ini.

“Saya pastikan, dalam waktu satu bulan, air dari Km 14 ini sudah bisa dialirkan ke IPA (Instalasi Penampungan Air) yang ada di Km 06. Setelah itu, baru kita pikirkan kembali agar air ini bisa disuplai ke masyarakat melalui jaringan pipa yang sudah ada,” tutur Freddy.

Pantauan di lapangan, Ayah empat anak ini langsung menginstruksikan kepada Kadis PU untuk bergerak cepat membenahi jaringan pipa yang sudah rusak, serta menyediakan peralatan yang dibutuhkan.

“Kalau butuh profesional yang memiliki basic keilmuan di bidang ini, silahkan segera dicari dan datangkan ke Kaimana. Jangan ditunda-tunda lagi. Tahun ini (2022), air bersih harus sudah mengalir ke rumah masyarakat,” tegas Freddy.

Ditanya mengenai kunjungannya yang dilakukan pada hari libur kerja (Sabtu), Freddy pun menjawab tidak ingin terlalu kaku dengan waktu. Katanya, jika semua hari bisa dimanfaatkan untuk bekerja, maka hal itu pasti akan dia lakukan.

“Di pemerintahan kita ini, hari kerja atau hari libur sama saja. Niat kita membantu kebutuhan dasar masyarakat, dalam hal ini ketersediaan air bersih. Untuk melaksanakan niat tersebut, kita tidak boleh kaku dengan jam kerja. Kapanpun, di manapun, kalau masih bisa kerja, ya kita harus kerja,”Tutup Freddy. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *