Persiapan Semakin Matang, Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua Wilayah IV Bomberay siap Dilaksanakan

KAIMANA, gardapapua.com – Segala persiapan terus dimatangkan menuju puncak pelaksanaan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) Ke IV Wilayah adat IV Bomberay.

Dalam pelaksanaannya direncanakan akan diselenggarakan di kabupaten kaimana pada tanggal 25-30 Oktober 2021 mendatang.

Itu dibuktikan dengan kekompakan yang tinggi dari Panitia Lokal KBMAP IV Kaimana, sehingga sampai saat ini berbagai persiapan dan keseiapan yang telah di tangani oleh setiap seksi yang berjumlah 17 seksi ini, telah mencapai 50 persen.

“Sesuai jadwal pelaksanaan kegiatan konferensi masyarakat adat papua ke IV di kaimana ini, Kami selaku panitia lokal pelaksanaan KBMAP IV kaimana,sampai dengan saat ini panitia sudah bekerja terutama 17 koordinator seksi bersama rekan-rekan anggotanya, sejak beberapa waktu lalu mereka telah bekerja, sehingga persiapan dan kesiapan kami sebagai panitia lokal menuju puncak pelaksanaannya, sudah mencapai 50 persen,”Jelas ketua panitia pelaksana KBMAP IV Kaimana, Arifin Sirfefa, saat jumpa pers di kantor sekretariat KBMAP IV Kabupaten Kaimana Papua Barat, Jalan Utarum Batemin Kaimana, pada Minggu (5/9/2021).

Arifin Sirfefa yang juga selaku putra irarutu kaimana ini mengakui, berbagai persiapan dan kesiapan yang sudah dilaksakan oleh panitia lokal ini, maka hasilnya akan difinalisasinya bersama prempov papua barat dan dewan adat di manokwari.

“Jadi besok kami akan berangkan bersama dewan adat kaimana, untuk melakukan audiens dengan dewan adat pusat dan provinsi bersama perwakilan dewan adat dari 7 wialayah adat di tanah papua di kota manokwari, sekaligus dengan pak gubernur papua barat, kita langsung laporkan hasil persiapan dan kesiapan pelaksanaan KBMAP ini untuk selanjutannya ke Bapak Presiden,”Ungkapnya

Menyinggung soal tempat penginapan yang akan di tingal oleh para duta-duta delegasi perwakilan dari 7 wilayah adat yang akan datang dari propinsi papua dan papua barat untuk mengikuti Konferensi ini, Arifin Sirfefa menyebutkan bahwa pihaknya telah menyurati tiga sekolah yang ada di pusat kota Kaimana.

“Kalau untuk penginapan para tamu, ya kita lihat dari jumlahnya’ ini kan ada sebanyak 47 delegasi jadi kita sudah menyurat ke tiga sekolah, yaitu SD Yapis kota,SD YPPK Misi dan SMK YPK Efata, kami memilih tiga sekolah ini karena berdekatan dan juga berada di pusat kota, kemudian kalau untuk panitia inti dalam pelaksanaan konferensi itu, nanti kita lihat lokasi tempat tingal untuk merera yang berdekatan dengan GOR atau tempat pelaksaan, selain itu ada juga hotel hotel yang kami siapkan kusus untuk tamu-tamu VIP,”Bebernya

Selain itu, lanjut dikatakan Arifin, bahwa tiga hari sebelum pelaksanaan, jika ada kontingan yang sudah datang lebih dahulu, maka sebagai tuan rumah pihaknya sudah siap untuk menyambut dan melayani.

“Kegiatan ini direncanakan akan di buka oleh pak presiden. Tetapi kita masih terus bangun kordinasi dan komunikasi dengan dewan adat provinsi dan pusat, apakah nanti ada utusan untuk ke sini, ya nanti kita lihat perkembangan. kemudian kami dari panitia lokal juga akan berkoordinasi dengan menteri pariwisata, untuk menghadiri acara pembukaan ini, dan tema yang di usung yakni Selamatkan Manusia, Tanah dan Sumber Daya Alam, ”Ungkapnya.

Sementara ditempat yang sama, Ketua Dewan Adat Kaimana, Yohan Werfete mengatakan, bahwa kegiatan Konferensi ini dilaksanakan di kaimana sesuai hasil keputusan pleno dewan adat XIV di jayapura.

“Sebenarnya ada beberapa daerah, namun yang ditetapkan berdasarkan pleno dewan adat papua XIV di Jayapura beberapa waktu lalu. maka Kota Kaimana di tunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan konferensi KBMAP IV tahun 2021 ini, sehingga saya sebagai ketua dan seluruh pengurus dewan adat kaimana kami menerima itu,”Jelasnya.

Sebagai Ketua Dewan adat kaimana, Yohan Werfete berharap dan menghimbau kepada masyarakat delapan suku asli kaimana agar mendukung kegiatan tersebut.

“Kami dewan adat sudah menghimbau ke delapan suku asli kaimana, bahwa kita sebagai tuan rumah kita tetap mendukung jalannya kegiatan konferensi besar masyarakat adat papua IV di kabupaten kaimana,”Harapnya.

Hadir dalam jumpa pers ini, yakni ketua dewan kaimana, Yohan Werfete di dampingi Wakil Ketua III dewan adat Kaimana, Ramadhan Sabuku, Ketua panitia pelaksana KBMAP IV Kaimana, Arifin Sirfefa dan didampingi Sekertaris Vicktor Isoga. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *