Tingkatkan Imun Tubuh, DPD M1R Papua Barat Mulai Gencarkan Program Olahraga

MANOKWARI, gardapapua.com — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Maluku Satu Rasa (M1R) Provinsi Papua Barat, dibawah kepimpinan Ketua Umum Yoel Yakop Patty, mulai rutin dan memprogramkan kepada anggota dan personelnya dapat rutin berolahraga bersama untuk meningkatkan imun tubuh dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19).

Demikian hal itu diungkapkan, Ketua DPD M1R Papua Barat, Roy Bormasa Wattimury, didampingi sejumlah Pengurus DPD M1R Papua Barat, disela – sela kegiatan berolahraga Futsal bersama, disalah satu lapangan Futsal di Manokwari, Papua Barat, Jumat (6/8/2021), malam.

Menurut Roy, Olahraga atau aktivitas fisik adalah sebagai bagian dari PHBS merupakan hal yang sangat penting di masa pandemik Covid-19 yang masih berlangsung saat ini.

Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

” Untuk itulah dimasa Pandemik Covid-19 seperti ini, kami selaku Pengurus DPD M1R Papua Barat sudah mulai rutin mengingatkan dan mengajak seluruh basudara khususnya para lelaki untuk mempunyai kesempatan setiap minggu di hari Jumat malam, mulai dari Pukul 19.00wit, dapat bersama mensukseskan program olahraga Futsal ini,”Ujar Roy Bormasa Wattimury.

Digagas dengan Konsep ‘Dari Katong Untuk Katong, Sehat Bersama dan Maju Berkembang di Tanah Rantau’, Selaku Ketua DPD M1R Papua Barat, Roy berharap, agar kiranya kegiatan positif ini mendapatkan responsif yang baik dari seluruh basudara warga Maluku secara khusus Anngota atau Personel M1R di setiap wilayah Kabupaten / Kota di Papua Barat lainnya.

Dimana sesuai fungsinya dapat sebagai wadah pembinaan, pengembangan bakat dan kreatifitas anggota dan atau masyarakat pada bidang kerohanian, sosial, budaya, ekonomi dan hukum menuju tata kehidupan yang harmonis, sejahtera dan bahagia.

Adapun strategi suksesi pelaksanaannya kiranya mendapatkan perhatian dan keterlibatan peran aktif seluruh anggota dalam setiap program kerja yang telah disusun dan dilaksanakan secara bersama-sama. Yang tentu tujuannya dapat berkesinambungan dengan baik, sesuai waktu yang sudah ditentukan.

“Apa yang katong Gagas di Manokwari, katong harap bisa berdampak serta di daerah lain, secara khususnya di dewan pengurus wilayah lainnya. Sehingga harapannya mari katong anak – anak Maluku bisa terus melakukan hal – hal positif dan menjaga marwah nama baik kita sebagai Orang Maluku meski di Perantauan,”Paparnya

Sembari mengimbau, kepada seluruh Anggota dan Personel M1R untuk tetap menerapakan selalu Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. yaitu konsisten Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta Menjaga jarak dengan menghindari kerumunan (3M), selain dengan rajin berolahraga dan menjaga kondisi psikologis untuk menangkal penyebaran Covid-19.

“Tetap waspada, jaga kesehatan diri dan harus selalu mentaati semua anjuran pemerintah dalam melawan wabah Covid-19,”Tukasnya

Melalui salah satu program kegiatan olahraga Futsal ini juga diharapkan Organisasi Masyarakat (Ormas) Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane dapat turut mendukung negara Indonesia dengan penduduk yang sehat dan bugar.

Hal tersebut pun sejalan dengan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia yang menjadikan olahraga atau aktivitas fisik sebagai salah satu bagian dari PHBS dan sekarang ini semakin gencar dipromosikan oleh Kemenkes RI sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *