Berbekal Dukungan Pemda Kaimana, Mantan Kepala Kampung Mangera Dirujuk ke Sorong Jalani Pengobatan

KAIMANA, gardapapua.com — Stefanus Nyai mantan kepala Kampung Mangera Di Distrik Arguni Bawah akhirnya bersedia untuk dirujuk oleh Pemda kaimana ke RSUD Solo Be Solo Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat, setelah terbaring sakit selama kurang lebih tujuh bulan.

Pasien yang dua kali dijenguk oleh Bupati Kaimana Freddy Thie bersama Direktur RSUD Kaimana Subhan Hassanoesi itu berangkat dari Kaimana menggunakan KM. Tidar pada Rabu (16/6/2021) lalu.

Bupati Kabupaten Kaimana kepada wartawan Via Telpon Jumat (18/6/2021) mengatakan, bahwa pemerintah daerah sudah tentu memiliki tanggungjawab untuk memperhatikan masyarakatnya apalagi dalam hal kebutuhan dasar sesuai dengan amanat Undang-Undang.

Untuk itu, sebagai kepala daerah dirinya mengambil kebijakan untuk merujuk pasien Stefanus Nyai ke Sorong karena peralatan medis yang dibutuhkan belum tersedia di RSUD Kaimana.

“Sudah tentu ini menjadi kebijakan kepala daerah. Bukan hanya satu tetapi ada beberapa pasien OAP (Orang Asli Papua_red) yang juga perlu di perhatikan oleh pemerintah daerah,”Kata bupati.

Terkait beberapa pasien tersebut lanjut Bupati, dirinya telah meminta kepada pihak RSUD Kaimana untuk memastikan dari aspek medis. Apakah masih ada potensi dirujuk atau tidak termasuk bagaimana kesediaan pasien dan keluarga apakah sepakat untuk rujuk atau tidak.

“Saya minta rumah sakit pastikan dulu dari aspek medis apakah masih ada potensi dirujuk atau tidak. Kemudian bagaimana kesediaan pasien dan pihak keluarga. Kalau sepakat rujuk, maka harus ada semacam kesepatakan yang dibuat. Jangan sampai ada sesuatu lalu pemerintah yang disalahkan,”Tutup Bupati. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *