Rumaseuw : Sosok Ini Pantas Dampingi Boas Solossa Sebagai Duta PON 2021, Ini Prestasinya

JAKARTA, gardapapua.com — Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Perempuan Papua (ICPP) dr. Rosaline I Rumaseuw M.Kes, menyatakan mendukung penuh pemerintah dalam pelaksanaan PON 2021 yang akan diadakan di Papua.

Namun demikian, Insos Papua kelahiran Biak, 23 Januari 1971 ini juga turut menanggapi polemik PON 2021 yang sedang  terjadi.

Dalam keterangannya kepada gardapapua.com, Kamis (10/6/2021), dr Rosaline Rumaseuw mengungkapkan, bahwa demi kepentingan publikasi PON tidak menjadi masalah jika sosok selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang menjadi Ikon PON 2021.

Namun demikian, untuk mendampingi Boas Solossa sebagai Duta PON 2021, panitia harus menunjuk salah satu atlit perempuan Papua yang hebat dan telah berjasa dalam mengharumkan nama Indonesia.

“Saya dr. Rosaline mengusulkan nama Erni Sokoy seorang atlit dayung asal Papua yang telah berkali-kali mengharumkan nama Indonesia dikancah Internasional. Erni Sokoy adalah Peraih medali emas SEA Games 2013 di Myanmar dan pernah terpilih sebagai kapten tim dayung Indonesia di ajang SEA Games XXVII, dan masih banyak lagi prestasi-prestasi Erni Sokoy yang mengharumkan nama bangsa Indonesia. Ini juga harus diperhatikan,”Kata dr. Rosaline I Rumaseuw M.Kes

Menunjuk Erni Sokoy sebagai Duta PON 2021 mendampingi Boas Solossa, tegas Rumaseuw, tentu akan meredakan polemik terkait PON 2021 di Papua dan bentuk penghargaan kepada orang Papua karena PON diadakan di Tanah Papua.

“Segera tunjuk Erni Sokoy sebagai pendamping Boas Solossa sebagai duta PON 2021, Raffi dan Nagita jadi Ikon PON untuk kepentingan publikasi. Saya rasa jika KONI dan PB PON 2021 mendengarkan saran dari saya akan segera meredakan polemik di Papua,”Cetus dr. Rosaline

Senada dengan itu, Ariella Yoteni selaku Ketua Harian ICPP menyampaikan bahwa perhelatan PON di Papua merupakan ajang dimana Papua harus memamerkan kekuatan para atlit Papua termasuk atlit perempuan.

“Erny Sokoy adalah lambang kekuatan perempuan Papua dalam dunia olahraga. Dalam dunia hiburan musik nasional, Papua mempunyai sosok Nowela Auparay dan Lala Suwages. Dalam dunia beauty pageant terkenal Miss Ellen Rachel Aragay dan Puteri Nere. Saat ini untuk dunia olahraga semua orang Papua khususnya perempuan Papua harus bersatu mendukung atlit perempuan Papua sebagai Ikon PON 2021 mendampingi Boas Solossa yang diadakan di Tanah Papua oktober mendatang,”Paparnya

“Dr. Rosaline selaku Ketum ICPP akan segera menyurati KONI menyampaikan agar untuk menghargai dan menghormati para atlit asal Papua yang sepak terjangnya telah mengharumkan nama Papua di PON sebelumnya dan mengharumkan nama Indonesia dalam pertandingan olahraga Internasional,”Tambahnya mengungkapkan. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *