DaerahGarda KaimanaGarda Papua Barat

Begini Suasana Pelaksanaan Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Oleh Bupati Kaimana dan Forkopimda

KAIMANA, gardapapua.com — Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 01 Juni dalam rangkaian peringatannnya pada Selasa 01 Juni 2021, sebagaimana dilaksanakan di istana merdeka Jakarta, turut dihadiri oleh Muspida seprovinsi dan sekabupaten/kota termasuk unsur Muspida di kabupaten Kaimana, yang dilakukan secara Vritual.

Dari rangkaian pelaksnaan Upacara hari lahirnya Pancasila, tampak Bupati Kaimana Freddy Thie, Wakil Bupati Hasbullah Furuada dan serta wakil ketua Pengadilan Negeri (PN) Kaimana mengenakan pakaian tradisional Papua, sementara untuk Dandim 1804 Letkol INF. Chairi, Suhanda, Kapolres Kaimana, AKBP. Iwan P Manurung.SIK, dan Danyon 764 Iambabaua Letkol Inf Dwi Dipoyono tetap mengunakan pakaian kebesaran satuan masing masing.

Usai mengikuti Apel hari lahirnya Pancasila di istana Negara, secara virtual, Bupati Kaimana dalam keterangannya menyebutkan bahwa dengan lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara, semua masyarakat untuk tetap utuh dalam bingkai NKRI dan tetap bersatu yakni Indonesia.

“Sebagai Bupati saya berharap kepada masyarakat Indonesia, dengan peringatan lahirnya Pancasila, jangan ada perbedaan, untuk membanggun Indonesia yang maju, adil dan sejahtera terlebihnya di kota senja Kaimana,”Harapnya

Sementara Kapolres Kaimana AKBP Iwan P Manurung mengatakan bahwa dengan lahirnya Pancasila, sebagai Warga Negara Indonesia tidak hanya menghafal dan membaca melainkan harus mengamalkan 5 sila dari Pancasila itu sendiri serta di aplikasikan di kehidupan sehari- hari.

” Tidak hanya di baca dan di afal, kalau boleh diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari dan berjiwa kebangsaan,”Ujarnya

Besar harapan dengan hari lahir Pancasila ini, bukan hanya dilakukan secara serimonial melainkan ditanamkan dalam sikap perilaku kita, dalam lingkungan kerja terutama mengabdi kepada bangsa dan negara.

Kegiatan ini berlangsung diruang rapat kantor bupati Kaimana, berjalan, lancar dan tertib. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *