PHBI Sorsel Gelar Safari Ramadhan 1442 H di Distrik Moswaren

TEMINABUAN, gardapapua.com — Panitia Hari Besar Islam PHBI Sorong Selatan melaksanakan Safari Ramadhan 1442 H/2021 bertempat di Masjid Sabilul Muhtadiin Hasik Jaya Distrik Moswaren Sorong Selatan, senin (10/5/2021), kemarin.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MAP bersama, Penjabat Sekda Sorong Selatan Dance Nauw,SP.MSi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan James Tipawael,SIP,MSi, Asisten 3 Bidang Administrasi H Aris,SKM.M.Kes, Sekretaris MUI Sorong Selatan, Rifai Rumalean, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Karim Kaliki,SAg, Kepala Kampung Hasik Jaya, Supriyadi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Jemaah dilingkungan Masjid Sabilul Muhtadiin Hasik Jaya Distrik Moswaren Sorong Selatan.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MAP dalam sambutannya menjelaskan bahwa sejak 2020 lalu situasi peribadatan tak dipungkiri dijalani dalam kondisi kurang nyaman.

“Hal ini diakibatkan karena Negara kita dilanda wabah Virus Covid 19. sehingga ruang gerak kita tidak nyaman namun alhamdulilah kita masih dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik.Pembatasan yang dilakukan semata mata untuk menjaga agar warga kita agar tidak terjangkiti Virus Covid19,”Ungkapnya

Namun demikian harap Bupati, agar ditengah – tengah bulan Suci Ramadhan ini semua pihak dapat terus membangun kebersamaan dan meningkatkan toleransi antara umat beragama.

“Mari kita saling menjaga,saling menghormati dan saling menghargai antara umat beragama.Tidak boleh merusak persaudaraan yang sudah kita tanamkan sejak dahulu sebelum wilayah ini menjadi kabupaten sehingga tentunya kita dapat membangun kabupaten Sorong Selatan ini lebih baik kedepanya,”Imbuhnya

’’Mari kita sama sama membangun kebersamaan yang ada kita jaga dan pelihara toleransi antara umat beragama untuk membangun Sorong Selatan,”Tambahnya

Sementara itu Karim Kaliki,S.Ag selaku ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sorong Selatan menjelaskan pelaksanaan Safari Ramadhan 1442 H tahun ini pihaknya bersama Pemerintah kabupaten Sorong Selatan adalah untuk menjalin silahturahmi dengan umat muslim yang ada di distrik Moswaren.

Dijelaskan juga bahwa ditahun ini dilaksanakan sebanyak 3 kali kegiatan diantaranya pelaksanaan bersama Buka Puasa bersama dengan tokoh – tokoh Masyarakat. Kemudian Safari Ramadhan dan buka bersama dengan umat di Masjid Sabilul Muhtadiin Hasik Jaya Distrik Moswaren Sorong Selatan, dan di Masjid Al-Rahman Teminabuan.

Dirinya menghimbau warga jemaah untuk tetap menjaga dan mengikuti apa yang menjadi arahan pemerintah yaitu mematuhi Protokol Kesehatan sehingga Covid 19 tidak menyebar ke Sorong Selatan.

“Untuk perayaan idul Fitri nanti Pemerintah telah memberikan himbauan agar jemaah dapat melaksanakan ibadah di masjid masjid yang ada dan diminta untuk tidak melaksanakan Takbir Keliling,”Tukasnya. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *