Bantu Bibit Awal dan Pakan Ternak, OAP Didorong Semakin Sukses Beternak Babi

MANOKWARI, gardapapua.com — Peternak hewan Babi, khususnya bagi para peternak masyarakat sesama Orang Asli Papua (OAP) terus dilatih dan didukung untuk semakin berkembang serta mandiri.

Tentu bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat meski dalam pelaksanaannya masih secara swadaya.

Demikian gerakan itu terus didorong pelaksanannya dan diprakasi oleh Kelompok Mandiri Orang Asli Papua (OAP) yakni Komunitas Tangan Muda Papua Barat serta dari kelompok tani “Flamboyan Terpadu” Manokwari – Papua Barat.

Gerakan aksi nyata ini kembali dilaksanakan diawal tahun 2021 melalui pemberian Pakan awal secara gratis dan pemberian bibit ternak babi serta mendorong pelaksanaan Pelatihan cara mengelola Pakan Ternak Fermentasi, diharapkan para Peternak Babi (OAP) harus bisa lebih bersaing nantinya.

Hengky Rumbiak selaku ketua Komunitas Tangan Muda Papua Barat bersama Raimer Taime dari kelompok tani Flamboyan Terpadu disela – sela memberikan bantuan ternak & pakan fermentasi kepada peternak OAP yang selanjutnya akan dibina dalam budidaya ternak babi dan pembuatan pakan ternak, pada minggu (21/2/2021), sekira pukul 17.00 wit, disalah satu penerima bantuan bibit dan pakan ternak di komplkes Fanindi Manokwari mengatakan, bahwa Pemberian bantuan ternak secara gratis kepada peternak OAP akan dilanjutkan dengan pelatihan Pembuatan Pakan Fermentasi yang dapat bertahan untuk 1 bulan sehingga memudahkan peternak dalam usaha peternakan babi.

Sebelum penyerahan ternak bagi calon penerima ternak diajak melihat pakan fermentasi yang sudah disiapkan oleh kelompok Flamboyan Terpadu untuk membangun semangat peternak bahwa sebenarnya beternak itu mudah & murah serta berkualitas khususnya dalam menyiapkan pakan ternak.

“Pakan fermentasi yang akan dilatihkan oleh Komunitas Tangan Muda Papua Barat bagi peternak binaan kami sangat murah karena memanfaatkan hijauan dan kulit buah pisang dari buangan (sampah) usaha gorengan. Selanjutnya difermentasi dan diberikan suplemen ternak,”Sebut Hengki Rumbiak.

Dengan pemberian bantuan ternak maka secara otomatis penerima bantuan masuk dalam binaan Komunitas Tangan Muda Papua Barat dan kelompok Flamboyan Terpadu yg akan dilibatkan dalam kegiatan2 pelatihan mandiri dilingkungan komunitas “Hengky Rumbiak”.

Dimana tujuan Komunitas Tangan Muda Papua Barat sebagai wadah untuk menghimpun peternak OAP dan membangun komunikasi dan pelatihan – pelatihan bagi peternak khususnya Peternak Orang Asli Papua (OAP) di Manokwari. Komunitas Tangan Muda Papua Barat ini beralamat di Jl. Litbang Anggori kelurahan Amban, Manokwari. [*/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *