Sambut HKG Ke-48, TP-PKK Sorsel Serahkan Bantuan Bapok dan APD di Warga Kampung Binaan

TEMINABUAN, gardapapua.com —Dalam eangka pelaksanaan perayaan acara puncak Hari Kesatuan Gerak (HKG) TP PKK yang Ke 48, TP-PKK Kabupaten Sorong Selatan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Covid 19 dan adaptasi kebiasan baru serta penyerahan bantuan alat pelidung diri (APD) berupa 300 buah Masker dan peralatan sosial

Dimana Bahan Pokok (Bapok) makanan itu terdiri dari, 75 Paket Bapok berupa Beras 10 Kg, Minyak Goreng 2 Liter, Tepung Terigu Kompas 1 Kg, Teh Bendera 1 renteng, Kecap 1 Botol, dan Gula Pasir 2 Kg serta garam.

Dalam kesempatan yang sama TP PKK Kabupaten Sorong Selatan juga menyerahkan bantuan berupa 1 paket peralatan ibadah berupa kain taplak meja untuk mimbar dan altar serta kantong persembahan.

Prosesi penyerahan ini dilaksanakan secara simbolis di gereja GKI Jemaat Mara Ngerse Kampung Nakna Distrik Konda Kabupaten Sorong Selatan Papua Barat oleh Bupati Sorong Selatan diwakili oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sorong Selatan Jakonias Tigori,SE, didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sorong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE serta Kepala Distrik Konda Sopice Sawor kepada Warga Binaan TP PKK serta Guru Jemaat Mara Ngerse 09/08/2020 usai pelaksanaan ibadah Minggu, kemarin.

Saat membacakan sambutan Bupati Sorong Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sorong Selatan Jakonias Tigori,SE menjelaskan bahwa Saat ini dunia sedang bergelut melawan Vius Covid 19 untuk itu partisipasi dari semua pihak dalam pencegahan dan pengendalian Virus ini sangat dibutuhkan ,untuk itu tentunya sangat di harapkan kepedulian yang tinggi dari organisasi perempuan seperti TP- PKK, GOW, maupun Dharma Wanita Persatuan serta organisasi perempuan lainnya bersama wajib mencegah penularan dari virus ini.

“Kembali saya ingatkan agar penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid 19 dapat terus disosialisasikan kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut hendaknya dilakukan secara terfokus dan tidak harus sekaligus. Bisa dapat dimulai dari Pembagian Masker, pembagian sembako dan seterusnya,”Ujarnya berpesan

“Untuk itu saya berharap Pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) TP PKK dan para ibu di masing masing keluarga juga kiranya terus dilibatkan dalam sosialisasi ini,”Harapnya menambahkan

Selain itu, dari tindakan kegiatan kemanusiaan seperti ini agar PKK dapat menjadi teladan untuk mengambil peran dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang mewabah di sekitar lingkungan tempatnya yaitu dengan cara melindungi dirinya, keluarganya dan lingkungannya.

Upaya seperti ini merupakan hal yang patut ditiru dalam rangka membantu pemerintah daerah melaksanakan sosialisasi penggunaan masker, rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak atau social distancing, serta tetap menjaga imunitas daya tahan tubuh di dalam keluarga masing masing serta dilingkungan sekitarnya.

“Saya mengajak agar para ibu untuk tidak bosan dan jenuh memberikan pemahaman tentang penanggulangan penyebaran covid 19 serta menerapkanya dalam masing masing keluarga di Kabupaten Sorong Selatan,”Imbuhnya

Adapun program Dasawismanya dan memiliki jaringan yang luas hingga ke tingkat RT/RW bahkan hingga kelingkungan keluarga PKK sangat mampu melakukan sosialisasi dan penerapan protocol kesehatan dan pencegahan penularan Covid 19.

“Saya memiliki keyakinan bahwa TP-PKK sangat efektif untuk mensosialisasikan protokol kesehatan,”Tambahnya

Sementara itu Ketua TP PKK kabupaten Sorong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE dalam sambutanya menegaskan bahwa merujuk amanah Presiden RI Joko Widodo melalui sejumlah media yang telah dipublikasikan untuk melibatkan TP PKK dalam penerapan protocol kesehatan pencegahan penularan Covid 19 dan menindak lanjuti Program TP PKK Pusat yang telah diprogramkan oleh Ketua Umum TP-PKK Ny Tri Tito Karnavian maka TP PKK Kabupaten Sorong Selatan akan terus mendukung program Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan yaitu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan untuk melakukan sejumlah kegiatan positif dalam rangka penerapan protocol kesehatan pencegahan penularan Covid 19 beberapa diantaranya adalah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melakukan Pembagian Masker, Pembagian Sembako dan penyerahan peralatan Sosial Distancing.

Beatriks Anggiluli,SE juga menambahkan bahwa dengan cara ini TP PKK ingin menunjukan kepada Pemerintah Daerah bahwa TP PKK memiliki kekuatan hingga ke tingkat pemerintahan terkecil bahkan hingga kesetiap keluarga. Untuk melakukan sosialisasi penggunaan masker, rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak atau social distancing, serta tetap menjaga imunitas daya tahan tubuh di dalam keluarga masing masing dan lingkungan sekitarnya.

“Dengan program Dasawismanya TP PKK juga memiliki jaringan yang luas hingga ke tingkat RT/RW sehingga tentunya program yang digalakan berupa,”Tururnya

Sosialisasi dan penerapan protocol kesehatan dan pencegahan penularan Covid 19 tentunya akan maksimal dan program pendukung penanganan Covid 19 dapat terealisasi dengan baik.

“Saya memiliki keyakinan bahwa TP PKK sangat efektif untuk mensosialisasikan protokol kesehatan,”Ungkapnya

Selaku Narasumber dalam Sosialisasi Covid 19 dan adaptasi kebiasan baru dibawakan oleh dr Dyah Sulistyaningrum selaku Wakil Ketua IV yang menangani bidang kesehatan.

Diakhir kegiatan Ketua TP PKK Sorong Selatan Ny Beatriks Anggiluli,SE Bupati Sorong Selatan yang diwakili oleh oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sorong Selatan Jakonias Tigori,SE bersama Kepala Distrik Konda Sopice Sawor, Guru Jemaat Daniel Sawen, Kepala Kampung Nakna Yance Mondar bersama sama melaksanakan penanaman 12 Pohon Pucuk Merah dihalaman gedung gereja GKI Jemaat Mara Ngerse Kampung Nakna. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *