DaerahGarda Sorong Selatan

Covid19, Warga Sorsel Terima Bantuan Pangan dari Gubernur Papua Barat

TEMINABUAN, gardapapua.com —Pemerintah Provinsi Papua Barat menyiapkan bantuan 82.962 Paket Bahan Kebutuhan Pokok Pangan bagi warga Papua Barat untuk membantu warga yang terdampak Covid 19.

Adapun untuk  Kabupaten Sorong Selatan telah mendapatkan sebanyak 4011 Paket yang diserahkan kepada lembaga Sosial Keagamaan agama. Diantaranya kepada umat kristiani sebesar 2123 paket, untuk umat muslim 1562 paket, Katolik 312 Paket, Hindu 9 Paket dan Budha 2 Paket.

Pernyataan ini disampaikan Oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua Barat drh. Hendrikus Faten, saat menyerahkan secara simbolis 4011 Paket Bahan Kebutuhan Pokok Pangan bagi warga Sorong Selatan belum lama ini, bertempat di sekretariat Covid 19 kabupaten Sorong Selatan.

Disampaikanya, bahwa bantuan ini merupakan bantuan jaringan pengaman Sosial Provinsi Papua Barat berupa bahan kebutuhan Pokok (Bapok) dalam rangka penanganan Pandemic Covid 19 oleh Gubernur Provinsi Papua Barat.

Menurutnya bantuan ini menindak lanjuti rapat koordinasi antara Gubernur Papua Barat dan Bupati Walikota seluruh Papua Barat yang telah berlangsung pada bulan April 2020 lalu telah disepakati bahwa Gubernur Papua Barat akan menganggarkan 25 % dana untuk menyiapkan Bahan Pokok Pangan bagi setiap kabupaten Kota di Provinsi Papua Barat, khususnya bagi warga yang terdampak Covid 19.

Pasalnya 25% dari jumlah anggaran Pemerintah Papua Barat, telah diwujudkan dalam bentuk 82962 Paket Bahan Pokok Pangan untuk secara keseluruhan Papua Barat.

Dirinya berharap, agar warga jangan terlalu mengharapkan bantuan pemerintah melainkan warga untuk dapat melakukan aktifitas berkebun untuk mempersiapkan pangan lokal.

“Karena kita belum tahu apa yang terjadi dikemudian hari apakah pandemic ini akan berakhir atau berkepanjangan,”ungkapnya

“Jangan sampai daerah yang memiliki surplus bahan pokok menutup pengiriman bahan pokok, kita di Papua Barat telah memiliki bahan pokok pangan sendiri untuk menghidupi warga Papua Barat sendiri dan tidak memiliki ketergantungan dengan wilayah Indonesia Bagian Barat ,”Sambungnya menjelaskan

Sementara itu, Vincente C Bay,SE selaku Sekretaris Gugus Tugas Kabupaten Sorong Selatan selaku penerima bantuan Gubernur Papua Barat menyampaikan terimah kasih yang sebesar besarnya kepada Gubernur Papua Barat yang telah menyerahkan bantuan ini.

Pihaknya akan mengumpulkan tokoh keagamaan untuk menyampaikan pesan gubernur terkait teknis pembagian bantuan ini.

Ditambahkanya bahwa pihaknya akan melakukan pembagian semaksimal mungkin bagi seluruh lembaga keagamaan jika seluruh bantuan ini telah diserahkan.

Kiranya semua lembaga keagamaan dapat mendata dan meyerahkan bantuan kepada warga masing masing agama sesuai dengan harapan gubernur Papua Barat bagi warga yang patut menerima bantuan ini. [EB/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *