NasionalRegional

Basarnas Manokwari, Gelar Pelatihan Pertolongan SAR di Ketinggian

MANOKWARI, gardapapua.com — Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian dan pertolongan di Manokwari gelar pelatihan SAR pertolongan di ketinggian tahun 2019.

Search And Rescue yang mempunyai arti usaha untuk melakukan percarian, pertolongan dan penyelamatan terhadap keadaan darurat yang dialami baik manusia maupun harta benda yang berharga lainnya.

Kegiatan Pelatihan Potensi SAR ini di laksanakan bertempat di ballroom hotel Aston, Manokwari (15/7/2019) yang dibuka langsung oleh Direktur Bina Potensi Basarnas Pusat Marsekal Pertama TNI F. Indrajaya.

Marsekal Pertama TNI F. Indrajaya, saat membuka kegiatan.

Dalam sambutannya Marsekal Pertama TNI F. Indrajaya mengatakan, bahwa melalui kegiatan ini adalah kegiatan untuk meningkatkan potensi SAR yang dalam pelaksanaannya menuntut kesetiaan para anggota pesertanya dalam melakukan tindakan penyelamatan bagi jiwa manusia dan barang berharga lainnya.

Adapun tujuan diselenggarakannya pelatihan Ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis pertolongan kepada Potensi SAR, sehingga para Potensi SAR yang terlatih dapat membantu tugas Basarnas dalam melaksanakan operasi SAR secara aman, cepat, tepat, terpadu dan terkoordinasi nantinya.

” Pesan saya terapkanlah sikap potensi SAR untuk memgabdi dan menerapkan keterampilan sehingga mampu menjalankan tugas resque dengan baik. Sehingga nantinya dapat di lasanakan dengan penuh semangat dan mampu mengimplementasikan hasil pelatihan ini dengan baik, “Ucapnya

Sehingga melalui kegiatan ini maka diharapkan kota manokwari akan memiliki tenaga resque yang siap untuk diterjunkan dalam setiap rangkaian kegiatan penyelamatan khususnya Pertolongan SAR di Ketinggian yakni seprti di gunung dan hutan.

” kalian adalah pioner atau anggota garis depan. Harapan kami dari basarnas, kegiatan ini dapat dijiwai dan peserta dapat mengilhami setiap materi yang diterima, khususnya pada kegiatan ketrampilan pertolongan SAR pada ketinggian. Karena sesungguhnya jiwa manusia adalah saling tolong menolong,”Harapnya

Para pejabat dan peserta pelatihan SAR di Ketinggian.

Selanjutnya, Andarias alik SE selaku Wakil Panitia Pelaksana dan Kepala Operasi pada Kantor Pencarian dan pertolongan Manokwari saat membacakan isi laporan kegiatan tersebut mengatakan, bahwa pelaksanaan dan tujuan pelatihan ini adalah berdasarkan program kerja Dipa Tahun Anggaran 2019, pada basarnas Manokwari, untuk memberikan pemahaman dalam melaksanakan penyelamatan korban pada ketinggian secara cermat dan mampu melakukan pertolongan pada korban pada ketinggian.

” Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menjalankan kegunaan jenis simpul teknis, dan melakukan teknik evakuasi dan olah fisik secara baik. Sehingga diharapkan semua pihak para peserta dapat memahami baik setiap materi aplikasi yang disampaikan dalam kegikegi ini, “Ucapnya

Peserta sesuai jumlah registrasi adalah sekitar 45 orang berasal dari LSM, TNI/Polri, Mahasiswa, kelompok Ormas/Orari, dan anggota Basarnas.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, George Leo Mercy Randang bersama para pejabat lainnya. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *