Hari Ini, Gladi Bersih dan Rangkaian Kegiatan Napak Tilas Ops Serigala Sorongselatan Digelar

TEMINABUAN, gardapapua.com — TNI AU Matangkan Persiapan Kegiatan Napak Tilas Ops Srigala. Panitia Pelaksanaan Napak Tilas Operasi Serigala Korpaskhas TNI AU menyatakan kegiatan terjun payung beserta sejumlah rangkaian kegiatanya telah dipersiapkan secara maksimal.

Demikian disampaikan Staf ahli Bidang Dukungan Udara Korpaskhas TNI AU Letkol PAS Joko Tri saat ditemui di pelataran Aula distrik Teminabuan, Kabupaten Sorongselatan, Jumat (15/02) siang tadi.

Dimana Pada hari bersamaan (15/02) sejumlah 81 penerjun payung telah Jug melaksanakan gladi bersih melaksanakan gladi bersih terjun payung dengan pendaratan di kota Ambon, Provinsi Maluku.

” Jadi pada sabtu (16/2/2019) pasca Har H, kami akan Melaksanakan latihan penerjunan sesuai pengaturan Run penerjunan selanjutnya melaksanakan evaluasi penerjunan, yang kemudian dilanjutkan beberapa agenda lainnya. Untuk kesiapan telah kami matangkan dan maksimalkan, “Ujar Staf ahli Bidang Dukungan Udara Korpaskhas TNI AU Letkol PAS Joko Tri.

Lanjut Letkol PAS Joko Tri mengatakan, dalam rangka kegiatan Napak Tilas yang akan dilaksanakan pada Sabtu 16 Februari 2019 (hari ini, red) Panitia pelaksanaan Napak Tilas Operasi Serigala Korpaskhas TNI AU sebelumnya telah melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan diantaranya Bhakti Sosial yang telah berlangsung Jumat (15/02) sejak pagi hari itu, berupa pengobatan masal secara gratis yang digelar di Aula Distrik Teminabuan serta kegiatan penyerahan bantuan material bahan bangunan untuk pembangunan bagi rumah-rumah ibadah baik Kristen, Katolik, Islam, dan Hindu.

Selain itu juga penyerahan bantuan berupa peralatan-peralatan peribadatan gereja, dan peralatan peribadatan di masjid bagi umat Islam dan vihara bagi umat hindu di dalam kota Teminabuan.

Kemudian sabtu (16/2/2019) hari ini, akan Dimulai dari pemeriksaan sekaligus visualisasi kegiatan mulai dari kegiatan di Taman makam Pahlawan Tri Tjakrabuana Teminabuan kemudian pengecekan titik spot dimana Helikopter yang akan membawa rombongan Kasau dan Pejabat TNI AU lainnya akan mendarat.

” Kelengkapan ruang VVIP Bandara Teminabuan kemudian persiapan drama kolosal dan tarian adat dari siswa siswi pelajar SMA Teminabuan, dan selanjutnya peninjauan di Tugu Merah Putih yang akan dihadiri langsung oleh KASAU bakal melihat secara langsung prosesi penancapan Bendera Merah Putih seperti yang dilaksanakan puluhan tahun silam,”Bebernya

Selain itu, Panitia turut memperaiapkan penyerahan bantuan berupa peralatan kebaktian dan peribadatan bagi jemaat gereja Alfa Wersar, sebelum kemudian rombongan KASAU kembali ke Teminabuan dan melanjutkan perjalanan balik ke Kota Sorong.

Ia menerangkan, bahwa Sampai sejauh ini TNI AU dalam hal ini panitia telah mempersiapkan segala sesuatu secara maksimal namun akan diupayakan lebih baik lagi.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Sorong Selatan untuk hadir dilapangan Trinarti Teminabuan untuk melihat secara langsung pelaksanaan operasi Serigala yang akan divisualisasikan secara langsung mengambil referensi dari buku sejarah yang sudah diterbitkan yaitu visualisasi bagaimana kehidupan masyarakat Papua pada masa penjajahan kemudian pada saat pelaksanaan operasi serigala mulai dari terjun payung, pertempuran perjumpaan dengan tentara Belanda sampai dengan melaksanakan pengibaran Benderah Merah Putih selanjutnya penancapan bendera Merah Putih yang dilaksanakan di lapangan Trinarti,”Harapnya.

Dimana untuk diketahui, dalam prosesi ini akan ditampilkan 2 babak yaitu babak pertama dilaksanakan di lapangan trinarti dan pada babak kedua di Tugu Merah Putih Wersar.

Hal tersebut dengan maksud untuk memberi pemahaman edukasi kepada generasi muda untuk menjelaskan bagaimana peristiwa ini pernah terjadi. [EB/ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *