DaerahHukum dan Kriminal

Siskamling, Garda Terdepan Gerakan Polmas

MANOKWARI, gardapapua.com —Mempunyai manfaat dan peran cukup besar, sistem keamanan lingkungan (siskamling,red) merupakan garda terdepan fungsi yang ada di tubuh Polri.

Dimana fungsi keberadaan siskamling adalah sebagai swadaya dan mitra masyarakat menjaga dan bersama meningkatkan pemberdayaan masyarakat khususnya satlinmas guna lihai deteksi sitkamtibmas di desa/kelurahan, lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

” Kami dari Jajaran Polres Manokwari semakin mengapresiasi lingkungan dan komplkes yang semakin paham membentuk pos siskamling. sehingga perkembangan sekecil apapun daerah lingkungannya dapat di pantau secara berkala, terlebih lagi sebagai bentuk upaya preventif dalam menekan adanya pengaruh paham – paham radikalisme yang pro kekerasan dan anti ideologi Pancasila,”Ujar Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi melalui Kasat Binmas Polrea Manokwari Iptu Subiyanto, saat melakukan kunjungan kerja di Swapen komplek SD IT Manokwari, (1/10).

Iptu Subianto disela kesempatan menyerahkan rompi dan tongkat keamanan berjumlah 5 ( lima) set untuk kelengkapan pos kamling RW 02/ RT 04 di Swapen perkebunan komplek SD IT Manokwari dan diterima oleh awak kamling/ pengurus kamling ( Bpk. Bagong dan Budi Sulistiyo ) serta disaksikan oleh warga yang lain menjelaskan, Fungsi Binmas memiiki peran besar dalam pembentukan Keamanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga melalui inisiatif gerakan Polisi Masyarakat (Polmas) disetiap lingkungan RT/RW yang telah ada semakin mengkokohkan semangat kemitraan dengan aparat penegak hukum.

” Kesempatan ini saya mewakili Kapolres mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi warga untuk membentuk dan memperdayakan pos kamling atas inisiatif warga sendiri. Semogaa kemitraan masyarakat dengan aparat penegak hukum melalui gerakan Polmas Siskamling dapat selalu digiatkan dan tingkatkan,”Tukasnya.

Hal tersebut terjadi mengingat Bhabin atau Polmas merupakan fungsi kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, utamanya di pedesaan/kampung, Lingkungan perumahan dan kompleks. [ian]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *