DaerahGarda KaimanaPolitik

Resmi Dilantik, Anggota PAW Panwas Distrik di Kaimana Diminta Adaptasi Cepat

KAIMANA, gardapapua.com — Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Kaimana, di Papua Barat, resmi telah melakukan prosesi pergantian antar waktu (PAW) terhadap dua anggota, panitia pengawas ditingkat distrik.

Ketua Bawaslu Kaimana Siti Nurliah Indah mengatakan, bahwa dua Panwas Distrik yang di PAW yakni pada Distrik Arguni Bawah dan Distrik Kaimana.

Kepada anggota panwas distrik PAW tersebut, kemudian diminta segera beradapatasi dengan Anggota dan jajaran Sekretariat di tingkat masing – masing wilayah distriknya, serta melaksanakan pleno pembagian divisi dan pembagian koordinator wilayah dan wakil koordinator wilayah.

“Ada 2 pandis (Panwas Distrik) yang akan dilantik. Yakni distrik Arguni Bawah karena Pandis nya mengundurkan diri, diterima sebagai P3K Kementerian Agama,”Ucap Ketua Bawaslu Kaimana, Senin (11/9/2023).

Sementara, kata Indah, kepada anggota Panwas Distrik Kaimana yang telah dilakukan pergantian antar waktu (PAW) karena sebelumnya mengganti para anggota Panwas yang diketahui telah menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

“Untuk anggota Panwas Distrik Kaimana karena telah menjadi anggota KPU Kaimana,”Ujarnya.

Untuk proses PAW terhadap dua anggota Panwas Distrik, dasar hukum yang digunakan sebagai acuan oleh Bawaslu Kaimana yaitu Perbawaslu 3 tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawas pemilu.

Bawaslu Kaimana telah menghubungi salah satu calon anggota Panwas Distrik untuk dilakukan klarifikasi.

“Kami telah menghubungi salah satu calon anggota pandis untuk dilakukan klarifikasi, terkait apakah bersedia untuk menjadi anggota pandis terlantik, kemudian apakah pernah berafiliasi partai politik,”Jelas Indah.

Hal tersebut dilakukan menurut Indah, untuk memastikan integritas calon anggota Panwas Distrik, agar nantinya dalam melaksanakan tugas sebagai Panitia Pengawas tingkat distrik menjaga marwah lembaga.

“Kami harus memastikan hal-hal tersebut agar dalam menjalankan tupoksinya tetap menjaga integritas dan Marwah lembaga. Untuk pelantikan nya setelah kegiatan kami pimpinan Bawaslu Kaimana di Manokwari,” pungkasnya. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *