DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsHUMANISUncategorized

CPP Akan Road Show Sosialiasi 4 Pilar Kebangsaan

JAKARTA, gardapapua.com — Dalam rangka menguatkan wawasan kebangsaan yang merupakan nilai mendasar akan pandangan hidup bangsa atau karakter politik bangsa, Ketua Umum Cendekiawan Perempuan Papua (CPP), dr. Rosaline Rumaseuw, M.Kes, mengungkapkan bahwa pihaknya, berencana dalam waktu dekat melakukan road show sosialisasi empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, dalam waktu dekat diseluruh wilayah keterwakilan CPP di Indonesia.

Ini dikatakan Rosaline Rumaseuw, usai melakukan koordinasi dengan Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi PAN, H. Yandri Susanto, S.Pt, didampingi oleh Ketua CPP Bangka Belitung (Babel), Ny. Kreshna Sari Hamid,Msc, pada Kamis (20/10/2022).

“Gerakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini bergerak dari Provinsi Bangka Belitung (Babel). Atas hal itulah CPP membangun koordinasi dan sinergitas dengan beberapa pihak lainnya, salah satunya yakni Wakil Ketua MPR – RI. Dimana Babel dipilih jadi daerah pertama, kemudian targetnya akan berjalan sesuai program kerja CPP keseluruh wilayah daerah provinsi lainnya sampai dengan nanti di Tanah Papua, yakni Provinsi Papua dan Papua Barat,”Ungkap Ketua Umum CPP, Rosaline Rumaseuw.

Disebutkan Rosaline, tujuannya adalah dalam upaya menjaga persatuan, kesatuan, dan kerukunan warga, serta mewujudkan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat.

Dimana melalui sosialisasi pilar – pilar kebangsaan itu, diharapkan mampu sebagai salah satu upaya mendorong penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara kepada masyarakat khususnya pada kaum perempuan. ini perlu sebagai bentuk adanya stimulasi untuk menanamkan empat pilar kebangsaan di kalangan keluarga dan masyarakat.

“Saya apresiasi komitmen pengurus CPP Bangka Belitung (Babel) juga yang sudah berupaya ingin menjadi garda pertama menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsan ini. Dan perlu diketahui, dalam organisasi kewanitaan CPP, menargetkan bahwa bukan saja tugas dari perempuan papua saja yang memikirkan bagaimana perkembangan pembangunan wanita papua dalam pilar kebangsaan, namun merupakan tugas wanita – wanita hebat lainnya,”Papar Rosaline

Kaum perempuan, terang Rosaline, dinilai sebagai agen perubahan yang mudah menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak mereka sejak usia dini di rumah dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi karakter yang melekat sepanjang hidup mereka.

“Selain itu pula, karena fungsi sebagai anak bangsa ialah membangun kesatuan saling menghormati dan saling memberikan toleransi untuk Indonesia yang lebih baik, dan disinilah peran kaum perempuan juga sangat penting diperlukan,”Ungkap Ketua Umum CPP, Rosaline Rumaseuw.

Empat pilar yang dimaksud ialah bagaimana mengajak dan mengimbau kepada Masyarakat agar paham dengan pancasila, paham dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, paham dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan paham terhadap Bhinneka Tunggal Ika. Sebab empat pilar ini adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan bersatu.

Seperti diketahui, Pancasila merupakan falsafah yang sudah semestinya menjadi menjadi pedoman bagi negara dalam mengambil keputusan, serta kekuatan (spirit) UUD 1945, dalam semangat persatuan kebangsaan dalam bingkai Kebhinekaan.

Diharapkannya, bahwa melalui road show sosialisasi empat pilar kebangsaan ini organisasi CPP dapat menjadi barometer kaum perempuan yang memahami dan mengerti nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan.

“CPP itu ada di 13 Provinsi di Indonesia. Sedangkan untuk di luar negeri CPP sekarang ada di negara Amerika, Inggris, Australia, dan Belanda. Kami yakin bahwa program sosialiasi pilar – pilar kebangsaan ini dapat diterima baik oleh Masyarakat, dan berjalan baik nantinya. Sehingga kami butuh dukungan semua pihak,”Tukas Rosaline. [Ian/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *