DaerahGarda KaimanaRegionalUncategorized

Buka FGD Bersama BPS, Sekda : ‘Kaimana Siap Satu Data’

KAIMANA, gardapapua.com — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kaimana, Drs.Donald R Wakum, atas Nama Bupati, telah secara resmi membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dimediasi Badan Pusat Stasistik (BPS) Kaimana.

Kegiatan ini sendiri sebagaimana dimaksudkan berdasarkan UU nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik dan PP Nomor 51 Tahun 199 yang melahirkan keputusan Presiden nomo 39 Tahun 2019 tentang Indonesia satu data.

Dikutip dari sambutan Presiden RI Ir Joko Widodo, kata Sekda Data Lebih Mahal daripada minyak, sehingga dikatakan bahwa data merupakan suatu komponen yang amat penting, baik dri sisi pemantauan evaluasi maupun dari sisi perencanaan pembangunan.

Sehingga lanjut Sekda BPS adalah badan yang dapat menggambarkan keadaan data yang sebenarnya.

” Ini telah sejalan dengan Visi BPS, sehingga data ini sangat penting dalam menginformasi pembangunan yang lebih akurat sehingga dapat digunakan dalam kebijakan, sehingga dalam hal ini, BPS Kaimana akan menerbitkan Publikasi Kaimana dalam angka di Tahun 2022, pada Tanggal 25 Februari mendatang,”Ucapnya.

Dia (Sekda) lebih jauh menjelaskan, bahwa publikasi Kaimana tahun 2022 dalam angka, akan memuat data secara makro terbagi atas data sensus, survei dan data sektoral dan data dari kementerian, lembaga dan dinas Instansi dilingkup kabupaten.

” Sehingga ini akan menunjukan potret bagi pengguna data dari instansi Pemda, Vertikal, dan pihak lain, mahasiswa, akademi, masyarakat Umum dan stakeholder, oleh karena itu dalam kaitannya dengan kegiatan ini, data kedepan yang nantinya di tampilkan juga bisa di gunakan untuk kegiatan Riset dan pelaku pasar,”Ujarnya

Untuk itu sekda berharap koordinasi dan penyampaian serta penyempurnaan data Kaimana dalam angka di Tahun 2022 inj, dapat diikuti secara baik dan dapat didiskusikan secara baik, sehingga saatnya pelonchingan data oleh BPS Kaimana pada adalah data secara akurat.

Terpisah kepala BPS Kaimana Masadi Koupun menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan FGD ini adalah untuk mengsingkronisasikan data didalam angka itu sendiri.

“Data data yang ada ini adalah data sektoral yang kita ambil dari dinas dinas, untuk itu kita mau koordinasi, singkronisasi, penyamaan persepsi dan finalisasi data yang diberikan oleh dinas, sehingga kami harapkan peserta bisa antusias dalam kegiatan ini, itulah harapan kami,”Ucapnya

Untuk diketahui, bahwa secara resmi BPS Kaimana merencanakan Lounching Kaimana Dalam angka pada 25 Februari 2022 mendatang. [JO/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *