DaerahGarda Raja Ampat

Pemprov PB Gelar Bimtek Pengawas Koperasi di R4

WAISAI, gardapapua.com — Pemprov papua barat melalui Dinas koperasi dan UKM melakukan bimbingan teknis (bimtek) bagi pengawas koperasi tingkat kabupaten, di Raja Ampat.

Hal itu guna meningkatan kapasitas Pengawas koperasi tahun 2019 bagi pengawas koperasi pada tingkat kabupaten/kota, khususnya di Provinsi Papua Barat.

Kegiatan yang diselenggarakan, Rabu (16/10/2019) bertempat, di Aula Penginapan Phuyakha Menggee, Jl. Fundar Sakela Waisai Raja Ampat, turut dihadiri mewakili Bupati Raja ampat, Assisten III Setda Bidang Administrasi umum, Yulianus Mambraku,SH.,MH, kepala dinas koperasi dan UKM Papua barat, Stepanus Selang MM, Kepala dinas Koperasi UKM kabupaten Raja ampat Ria Siti N Umlati S,sos, Peserta Bimtek Perwakilan kota/kabupaten Propinpsi Papua barat.

Bimtek oleh dinas koperasi dan ukm PB, juga menghadirkan Narasumber dari Deputi Pengawasan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesi Atas nama Suparno,SE,MM.

Sementara itu, Assisten III Setda Yulianus Mambraku SH., MH, saat mewakili Bupati Raja Ampat sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, seiring derasnya persaingan global yang terjadi saat ini, pengembangan pemberdayaan keberadaan koperasi dan Usaha Kecil Menengah sangat penting guna meningkatkan pembangunan perekonomian masyarakat.

” Untuk menjadi perhatian bersama bahwa Koperasi merupakan suatu badan usaha yang berbadan hukum yang mempunyai kepentingan yang sama dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,”Ungkapnya.

Sebagai guru perekonomian Indonesia, Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Koperasi sebagai unit usaha bersama sangat sesuai dengan keperibadian bangsa indonesia. Oleh karena itu, koperasi perlu dikembangkan oleh masyarakat dalam rangka menegakkan perekonomian nasional.

Selain itu, pendirian koperasi sebagai pewujudan ekonomi sesuai dengan penjelasan UUD 1945 pasal 33. Peran koperasi dalam kehidupan masyarakat sangat dibutuhkan untuk memperbaiki sistem perekonomian sehingga tercapailah kesejahteraan masyarakat. Membangun koperasi merupakan suatu proses pembelajaran yang berkelanjutan dan berulang serta sejalan dengan adanya pergantian generasi, pertambahan jumlah penduduk, perkembangan dinamis berbagai aspek kehidupan yang ada dalam masyarakat. Ini berarti dari waktu ke waktu koperasi perlu dibangun, dievaluasi perkembangannya dan dilakukan perbaikan dalam pembinaannya.

Dalam kegiatan usaha koperasi, Pengawas sebagai salah satu alat kelengkapan dalam koperasi memegang peranan dalam menentukan kesehatan jalannya usaha yang dikelola oleh pengurus. Pengawas adalah perangkat organisasi yang mendapat kuasa dari rapat anggota untuk mengawasi pelaksanaan keputusan rapat anggota yang khususnya menyangkut organisasi, kelembagaan, pendidikan, serta penyuluhan.

” Pengawas dipilih dari, oleh, dan untuk anggota, oleh sebab itu pengawas bertugas untuk menjaga agar kegiatan yang dilaksanakan oleh koperasi sesuai dengan keputusan rapat anggota,”Paparnya

Dalam pelaksanaannya, koperasi harus dalam kondisi sehat, baik dari sudut organisasi maupun keuangannya. Untuk itu, koperasi harus menjalani pemeriksaan secara periodik oleh pihak intern koperasi, yaitu pengawas.

“Seorang pengawas diupayakan untuk memiliki kemampuan dalam bidang akuntansi, mengingat Pengawas harus melaksanakan fungsi audit, konsultasi dan manajemen. Sedemikian pentingnya peran Pengawas Koperasi tersebut, untuk itu, Saya selaku Pimpinan Daerah sangat mendukung kegiatan pelatihan auditing bagi para pengawas koperasi ini,”Harapnya.

Seiring dengan semakin gencarnya perdagangan bebas yang ada saat ini, keberdaan koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan semakin mendapat tantangan, sehingga pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan dan pembinaan terhadap koperasi dan UKM yang ada di Papua Barat, salah satunya dengan melakukan kegiatan pelatihan ini.

“Mengingat masih banyak koperasi yang tidak aktif dan tidak melaksanakan manajemen koperasi secara benar,”Punhkasnya [RED/DM]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *