DaerahGarda ManokwariGarda NusantaraGarda Papua BaratHeadline newsPolitikRegional

Yakin Lolos Verifikasi Faktual, PSI Papua Barat Target ‘Menang Besar’ di 2024

MANOKWARI, gardapapua.com — Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Papua Barat, Partai Solidaritas Indonesia, Purwanto, SH., M.Kn, meyakini bahwa pihaknya dapat memenuhi syarat dalam proses verifikasi faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 di tingkat provinsi dan daerah di kabupaten / kota se-papua barat.

“Kita PSI Papua Barat sudah dikunjungi tim verifikasi faktual dari KPU tingkat provinsi pada senin (17/10/2022) tadi. Jadi satu langkah telah terlewati lagi sebagai partai peserta pemilu 2024 yaitu dengan telah memenuhi syarat sebagai peserta dan memenuhi syarat dalam hal verifikasi kepengurusan kantor dan keterwakilan 30% perempuan. sehingga kita menunggu tahap selanjutnya tentang verifikasi faktual tentang keanggotaan di DPD seluruh papua barat. Dan saya yakin kita bisa nanti lalui dan kami yakin PSI akan ditetapkan sah sebagai peserta pemilu ditahun 2024,”Ucap Purwanto, saat diwawancarai.

Seperti diketahui, KPU dalam melaksanakan prosesi Verifikasi faktual kepengurusan dengan cara mendatangi kantor tetap Partai Politik tingkat Provinsi untuk membuktikan pemenuhan persyaratan terkait kepengurusan Partai Politik calon peserta Pemilu tingkat provinsi serta dalam rangka membuktikan kebenaran ketua, sekretaris dan bendahara yang tercantum dalam keputusan Pimpinan Partai Politik tingkat pusat tentang kepengurusan Partai Politik tingkat provinsi yang dapat membuktikan dengan kehadirannya disertai dokumen KTA, E-KTP (KTP Elektronik)  atau Kartu Keluarga.

Selain itu, keterwakilan perempuan paling sedikit 30 % ( tiga puluh persen ) pada susunan Pengurus Partai Politik tingkat provinsi, dan domisili kantor tetap pada kepengurusan Partai Politik tingkat provinsi untuk membuktikan kebenaran surat keterangan Pimpinan Partai Politik tingkat pusat mengenai penggunaan kantor tetap sampai tahapan terakhir Pemilu.

“Dari 12 Kabupaten / 1 Kota di Papua Barat, tercatat kami sudah lolos verfikasi administrasi. Kini hal yang sama sedang kami nantikan terkait verifikasi faktual keanggotaan, dan terkait itu pula kami yakin akan siap dan lolos tahapan itu. Karena semua anggota, simpatisan dan kepengurusan PSI di seluruh wilayah kabupaten /kota, distrik bahkan kampung, sangatlah solid,”Paparnya

Selain memastikan diri akan lolos dalam tahapan verifikasi faktual menjelang penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mendatang, pihaknya sebut Purwanto, juga menargetkan akan mampu meraih kemenangan di pemilu serentak 2024.

“Kami pasang target minimal 2 kursi di DPRD dan di tingkat kabupaten kota wajib menang besar, dalam arti kalau bisa terwujud 1 fraksi. Tujuannya agar dalam pertarungan pemilihan kepala daerah ditingkat kabupaten / kota nanti khususnya di wilayah se-Papua Barat, kami PSI akan bisa turut berkontribusi memenangkan calon -calon kepala daerah kami nantinya,”Tukasnya

Selain PSI, beberapa partai lainnya yang masuk daftar partai Politik yang dilakukan Verifikasi Faktual pada senin (17/10/2022) antara lain, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Partai Ummat, sementara Partai Perindo dan Partai Hati Nurani Rakyat masih menunggu pemberitahuan (KPU RI).

Sebelumnya, KPU RI juga telah menyatakan terdapat 18 partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Disebutkan, 18 parpol tersebut adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Perindo, Nasdem, Partai Bulan Bintang (PBB), PKN, dan Partai Garuda.

Kemudian Demokrat, Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Hanura, Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PSI, Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Buruh, dan Partai Ummat. [TIM/RED]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *